Sukses

Lolos ke Final Piala Dunia Wanita 2023, Suporter Inggris Minta Adanya Libur Nasional Bila Juara

Euforia kemenangan Lionesses 3-1 atas tuan rumah bersama Australia memicu suporter tim asuhan Sarina Wiegman itu untuk meminta libur nasional tambahan bila mereka juara.

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali dalam sejarah, Inggris berhasil lolos ke final Piala Dunia Wanita setelah the Lionesses berhasil mengalahkan tim tuan rumah Australia dengan skor 3-1 pada hari Rabu (16/08/2023).

Selebrasi publik semakin meningkat dengan adanya seruan untuk Bank Holiday atau libur nasional jika tim Sarina Wiegman berhasil membawa pulang trofi akhir pekan ini melawan Spanyol.

Dilansir dari situs web parlemen inggris, petisi nasional yang meminta hari libur nasional tambahan telah dimulai, petisi berhasil mencapai ratusan tanda tangan pada saat penulisan. Pemerintah Inggris diketahui hanya akan merespons secara formal jika sudah mencapai 10.000 tanda tangan.

Seruan untuk adanya libur nasional tambahan merupakan sesuatu yang didukung pelatih the Lionesses. Wiegman mengatakan setelah kemenangan semifinal atas Spanyol, dia berkata: "Saya akan mengatakan setuju, saya bisa melihat semua orang Inggris di sini menginginkannya! Tapi mari lakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan final esok."

Tim pasukan Wiegmen berhasil mencetak rekor menjadi tim senior Inggris pertama yang mencapai final turnamen besar di luar negeri. Pemain bintang baru Arsenal Alessia Russo berhasil cetak gol di penghujung pertandingan untuk membawa Lionesses ke final.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak mengirim pesan ucapan kepada tim sepak bola wanita itu setelah sukses melawan Australia. Melansir dari X, ia menulis: "Sungguh kinerja yang baik @Lionesses. Tinggal satu pertandingan lagi, tetap semangat pada hari Minggu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Inggris Mengumumkan Tidak akan Menambahkan Libur Nasional

Kemeriahan penggemar Inggris atas keberhasilan melaju ke final harus terpotong singkat setelah Pemerintah Inggris Raya mengumumkan tidak akan ada tambahan libur nasional walaupun Inggris memenangkan Piala Dunia Wanita akhir pekan ini.

Juru bicara pemerintah mengatakan kepada BBC: “Kami mengucapkan selamat kepada Lionesses atas pencapaian luar biasa mereka dalam mencapai final Piala Dunia Wanita.”

“Namun, Pola hari libur umum dan nasional saat ini sudah mapan dan tidak ada rencana untuk mengubahnya.” Jelasnya.

Diketahui sebelumnya tidak pernah ada hari libur nasional di Inggris untuk menandai acara olahraga apapun. Pemerintah selalu menolak ancang-ancang untuk menambahkan libur ekstra untuk olahraga. Contohnya saat satu tahun lalu dimana terjadi kemenangan tim Sarina Wiegman di ajang Euro, dan menjelang final tim putra Euro 2020.

3 dari 3 halaman

Berbagai Pemimpin Partai Oposisi Mendukung Seruan untuk Menambahkan Libur Nasional di Inggris

Keir Starmer menyayangkan sikap dari Downing Street yang menutup kemungkinan adanya Bank Holiday atau libur nasional untuk merayakan prospek kemenangan Inggris di Piala Dunia.

Pemimpin Partai Buruh dengan tegas mendukung gagasan itu dengan menyoroti betapa bersejarahnya sebuah kemenangan dari tim Inggris tersebut.

"Sudah hampir 60 tahun sejak Inggris memenangkan Piala Dunia," tulisnya di situs web X

“Aku tidak pernah menganggap tentang apa pun hal, tetapi harus ada hari libur bank perayaan jika Lionesses membawanya pulang.”

Selain itu, Pemimpin partai Demokrat Liberal, Sir Ed Davey, menambahkan dukungan dengan pernyataan Starmer.

"The Lionesses telah membuat sejarah dengan mencapai final, mereka sudah menjadi inspirasi bagi para atlet di Inggris. Memenangkan Piala Dunia akan menjadi pencapaian yang sangat fenomenal. Ini benar-benar layak untuk dirayakan dengan hari libur bank." ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.