Sukses

Jadwal Piala AFF U-23 Thailand: Indonesia Langsung Bertemu Malaysia

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di laga perdana Piala AFF U-23 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia segera mengawali kiprahnya di Piala AFF U-23 Thailand 2023. Di laga perdana, pasukan Shin Tae-yong bakal berhadapan dengan musuh bebuyutan, Malaysia pada babak penyisihan Grup B di Rayong Provincial Stadium, Jumat (18/8/2023), kick off pukul 20.00 WIB.

Para pemain Indonesia sendiri sudah tiba di Thailand, empat hari sebelumnya. Kesokan harinya atau Selasa (15/8/2023), para pemain langsung menjalani latihan perdana di Nonglalok Stadium, Rayong, Thailand. Shin Tae-yong ingin pasukannya siap secara fisik, teknik, dan mental.

"Apalagi ini tiga hari sebelum pertandingan (menghadapi Malaysia). Jadi hampir 70-80 persen dinaikkan intensitas latihannya dengan salah satunya menggelar game internal," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Meski intensitas latihan dinaikkan, Shin Tae-yong bersyukur para pemain bisa menjalaninya dengan baik. Sebab, mayoritas dari mereka bergabung ke tim nasional dalam keadaan tengah berkompetisi di BRI Liga 1 2023/2024 bersama klubnya masing-masing.

"Kondisi pemain baik. Memang ini untuk pertama kali kami mencoba-coba organisasi permainan dan semua pemain bekerja keras dan maksimal," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Di Piala AFF 2023, timnas Indonesia berada di grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Laga perdana melawan Malaysia sangat krusial mengingat hanya juara grup yang berhak melaju ke babak berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga Pemain Timnas Indonesia U-23 Tidak Bisa Tampil

Timnas Indonesia U-23 terbang dengan 23 pemain. Sayang Shin Tae-yong tidak bisa membawa tiga pemain, yaitu Rizky Ridho, Dzaky Asraf, dan Muhammad Adisatryo. Begitu juga dengan pemain-pemain Indonesia yang berlaga di luar negeri. Mereka juga tidak mendapat izin.

Meski demikian, Shin Tae-yong memastikan pasukannya akan tampil maksimal.

"Meskipun pemain tidak komplit, mereka berangkat ke Thailand tidak untuk berlibur. Mereka saya pastikan akan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik," ujar pelatih asal Korea Selatan itu beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia U-23 Hadapi Piala Asia 2024

Sementara itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumarji menyebut kalau Piala AFF U-23 tak kalah penting dengan turnamen lainnya. Sebab menurutnya, kejuaraan tersebut merupakan bagian dari persiapan para pemain muda Tanah Air untuk menghadapi babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mendatang. 

"Piala AFF U-23 ini menjadi persiapan tim U-23 berlaga di kualifikasi AFC Asia melawan Taiwan (China Taipe) dan Turkmenistan, September nanti," ujar Sumardji dikutip dari laman resmi PSSI.

"Lalu berlanjut ke target utama bisa berlaga di AFC Cup 23 di Qatar sebagai kualifikasi ke Olimpiade Paris. Jadi dengan semua rentetan turnamen itu, Piala AFF U-23 ini menjadi sangat penting," ujar Sumardji.

4 dari 4 halaman

Berikut Jadwal Pertandingan Indonesia di Piala AFF U-23

Jumat, 18 Agustus 2023

20.00 WIB: Malaysia vs Indonesia, Rayong Province Stadium

 

Minggu, 20 Agustus 2023

20.00 WIB: Indonesia vs Timor Leste, Rayong Province Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.