Sukses

Prediksi Final Liga Europa Atalanta vs Bayer Leverkusen: Memburu Sejarah Baru

Atalanta dan Leverkusen bisa menorehkan sejarah bila memenangi final Liga Europa nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta- Final Liga Europa 2023/2024 akan digelar pada Kamis (23/5/2024) dini hari WIB di Aviva Stadium, Dublin. Atalanta akan berjumpa Bayer Leverkusen. Kedua tim sama-sama memburu sejarah baru di final Liga Europa.

Bayer Leverkusen dalam kepercayaan diri tinggi. Tim asuhan Xabi Alonso itu baru saja menjuarai Bundesliga atau Liga Jerman untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Yang lebih dahsyat, Leverkusen meraihnya dengan rekor tidak terkalahkan.

Usai juara Bundesliga, Leverkusen kini berusaha mengejar treble. Trofi Liga Europa akan menjadi gelar kedua di msuim 2023/2024 sebelum melakoni final DFB Pokal melawan Kaiserslautern.

Leverkusen juga bertekat untuk menutup musim 2023/2024 dengan tidak terkalahkan di semua ajang. Tinggal dua laga lagi untuk mewujudkannya. Leverkusen tidak terkalahkan dalam 51 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini.

Kesempatan treble takkan disia-siakan Leverkusen. Kemenangan atas Atalanta akan membuat Leverkusen meraih double winners perdananya. Sebelumnya mereka cuma pernah meraih dua trofi bergengsi yakni Piala UEFA (pendahulu Liga Europa) pada 1988 dan Piala Jerman 1993.

“Kami telah memainkan 51 pertandingan. Para pemain memiliki pemahaman. Sekaranglah waktunya untuk memberikan yang terbaik. Kami telah mempersiapkan momen ini sepanjang tahun. Ini bukan hanya pekerjaan hari ini. Saya punya tim yang hebat. Para pemain pastinya sudah siap," ujar Alonso seperti dikutip dari BBC.

Sementara itu Atalanta juga akan mengukir bila menang di final Liga Europa. La Dea belum pernah juara di kompetisi Eropa sejak klub didirikan tahun 1907. Atalanta sudah terlalu lama tak meraih trofi juara. Terakhir kali saat memenangi Coppa Italia tahun 1963.

Atalanta juga bisa menorehkan sejarah sebagai klub Italia pertama yang memenangi Liga Europa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atalanta Tanpa Kapten Tim

Sayangnya Atalanta akan pincang di final Liga Europa musim ini. Kapten tim Marten de Roon tidak bisa diturunkan pelatih Gian Piero Gasperini karena terkena cedera lutut. Moral Atalanta juga sedang jeblok karena baru saja gagal di final Coppa Italia. Mereka kalah 0-1 dari Juventus pekan lalu berkat gol tunggal Dusan Vlahovic.

De Roon mendapatkan cedera di laga tersebut. Absennya De Roon menjadi kerugian besar bagi Gasperini. De Roon merupakan pemain andalannya dengan tampil 46 kali sepanjang musim 2023/2024.

Di sisi lain, Leverkusen justru bisa menurunkan kekuatan terbaiknya di final Liga Europa. Gelandang serang Florian Wirtz yang sempat cedera paha sudah fit kembali dan siap dimainkan sebagai starter. Wirtz sudah pemanasan sebagai pemain pengganti di laga kontra Augsburg akhir pekan kemarin.

Tenaga pemain 21 tahun itu sangat dibutuhkan Alonso. Wirtz membuat 18 gol dan 19 assists di semua kompetisi yang diikuti Leverkusen musim ini. Di Liga Europa, Wirtz juga sangat tajam dengan sudah membuat 11 gol.

Namun Leverkusen harus waspada. Kedua tim terakhir kali bertemu di Liga Europa tahun 2022. Saat itu Atalanta selalu memenangi dua pertemuan. Di kandang Leverkusen, Atalanta menang 1-0. Sedangkan saat main di markas sendiri, Atalanta unggul 3-2.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain Atalanta vs Leverkusen

Atalanta: Musso; Djimsiti, Hien, Scalvini; Zappacosta, Pasalic, Ederson, Ruggeri; Koopmeiners, De Ketelaere; Scamacca

Bayer Leverkusen: Kovar; Tapsoba, Tah, Hincapie; Frimpong, Xhaka, Andrich, Grimaldo; Hofmann, Wirtz; Schick

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini