Sukses

Dean Henderson Gagal Kabur dari Manchester United, Apa Alasannya?

Dean Henderson harus terima tertahan di Manchester United. Dia tidak diizinkan pergi karena Setan Merah krisis kiper.

Liputan6.com, Jakarta - Dean Henderson harus terima tertahan di Manchester United. Dia tidak diizinkan pergi karena Setan Merah krisis kiper.

Manajer Erik ten Hag menyatakan Henderson bakal menetap di Old Trafford setelah Tom Heaton terkena cedera betis. Heaton, yang sudah berusia 37 tahun, diperkirakan harus menepi hingga akhir bulan. Dengan begitu Henderson jadi satu-satunya kiper senior Manchester United selain rekrutan anyar Andre Onana.

“Dia selalu masuk rencana saya. Maka saya pikir kami punya grup kiper bagus dengan Onana, Henderson, dan Heaton,” kata Ten Hag dilansir Manchester Evening News.

Skenario bertahan di MU akan membuat Henderson muak. Dia kecewa berat setelah manajer sebelumnya Ole Gunnar Solskjaer ingkar janji.

Solskjaer berniat menjadikan Dean Henderson kiper utama pada 2021/2022. Namun, dia terkena Covid-19 pada pramusim dan baru pulih September. Ketika akhirnya bugar, Solskjaer enggan mencadangkan David de Gea dan Henderson cuma bermain tiga kali musim itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Dean Henderson di Manchester United

Henderson ingin menjadi kiper MU, klub yang diperkuatnya sejak akademi. Dia menimba pengalaman usai dipinjamkan ke Sheffield United selama dua musim pada 2018-2020.

Penampilan impresif bersama The Blades meyakinkan MU untuk mempertahankannya pada 2020/2023.Henderson lalu bermain 13 kali di Liga Inggris, atau 26 di seluruh kompetisi, dengan performa De Gea menurun.

Situasi itu mendorong Solskjaer untuk mengumbar janji sebelum akhirnya ingkar. Henderson pun kembali jadi pelapis De Gea dan dipinjamkan ke Nottingham Forest musim lalu.

Statusnya tidak berubah musim ini dengan Ten Hag membeli Onana sebagai pengganti De Gea yang kontraknya tidak diperpanjang. 

3 dari 3 halaman

Manchester United Semula Ingin Jual Dean Henderson

Manchester United sudah menggelar diskusi dengan Nottingham terkait Henderson. Namun, dia terkena cedera serius dan tidak bermain sejak Januari 2021. Henderson lalu naik meja bedah dan masih dalam tahap pemulihan.

Kondisi tersebut menunda keputusan Nottingham untuk membelinya. Di saat bersamaan, mereka merekrut Matt Turner dari Arsenal. Turner bermain saat  Nottingham bertemu The Gunners  pada laga pembuka 2023/2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.