Sukses

Menang Super Dramatis atas Jepang, Israel Lolos 16 Besar Piala Dunia U-20 2023

Israel membalikkan ketertinggalan atas Jepang meski main dengan 10 pemain di Piala Dunia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Tim debutan Israel membuat kejutan di Piala Dunia U-20 2023. Israel mampu lolos ke babak 16 besar setelah meraih kemenangan super dramatis 2-1 atas Jepang pada laga terakhir Grup C, Minggu (28/5/2023) pagi WIB.

Kemenangan ini membuat Israel finis di urutan dua Grup C dengan poin empat, unggul satu angka dari Jepang. Israel mendampingi Kolombia sebagai juara Grup C ke babak 16 besar.

Nasib Jepang sungguh tragis. Mereka sebenarnya cuma butuh hasil imbang saja saat bertemu Israel untuk lolos ke babak 16 besar. Namun malah kalah. Sebelum melawan Jepang, Israel belum pernah bisa meraih kemenangan di Piala Dunia U-20 2023.

Meski cuma butuh imbang, Jepang tampil sangat baik di babak pertama. Mereka mendominasi pertandingan dan menciptakan banyak peluang. Jepang baru bisa membuka keunggulan di akhir babak pertama melalui sundulan Isa Sakamoto.

Israel makin di ujung tanduk setelah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 68 setelah Ran Binyamin diusir wasit akibat menerima kartu kuning kedua.

Namun justru Israel bisa bangkit saat main dengan 10 pemain. Aharon Roy Nawi Nabi menyamakan skor di menit 76 melalui sundulan memanfaatkan kemelut tendangan bebas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Menit Akhir

Israel butuh satu gol lagi untuk bisa lolos. Hasilnya luar biasa mereka mampu mencetaknya di menit pertama masa injury time. Omer Senior membuat Israel berbalik unggul berkat golnya.

“Ini adalah kemenangan heroik, pertandingan terbesar dalam sejarah sepak bola Israel,” kata pelatih Ofir Haim sambil menangis seusai pertandingan seperti dikutip dari Times of Israel.

3 dari 3 halaman

Kiprah Israel

Kiprah Israel di Piala Dunia U-20 2023 jadi sorotan. Kehadiran Israel membuat Indonesia gagal menjadi tuan rumah. FIFA memindahkan lokasi Piala Dunia U-20 2023 ke Argentina akibat gelombang penolakan terhadap kehadiran Israel di Indonesia.

Timnas Indonesia pun gagal ikut berlaga di Piala Dunia U-20 2023 akibat penolakan terhadap Israel. Argentina yang otomatis menggantikan posisi timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Argentina juga mampu lolos ke 16 besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.