Sukses

IBL 2023: Prawira Tuntaskan Dendam atas Bima Perkasa dengan Dramatis

Prawira menang dramatis ketika menghadapi Bima Perkasa. Tembakan tiga angka Brandone Francis jadi penentu kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta- Prawira Harum Bandung meraih kemenangan dramatis atas Bima Perkasa pada lanjutan IBL 2023 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat (26/5/2023) malam WIB. Prawira Bandung menang 71-68 berkat tembakan tiga angka di empat detik terakhir yang dilesakkan pemain asing Brandone Francis.

Kemenangan ini menjadi pembalasan setimpal Prawira kepada Bima Perkasa yang mengalahkan mereka dengan skor tipis 70-72 pada pertemuan pertama di IBL 2023 yang berlangsung di seri Bali.

Bertekad membalas dendam, Prawira mengawali laga dengan sangat baik. Mereka mampu unggul 21-15 pada kuarter pertama. Namun situasi berbalik di kuarter kedua. Bima Perkasa menguasai pertandingan dan berbalik unggul tiga poin saat jeda paruh pertama.

Pertandingan makin memanas di kuarter ketiga. Pergerakan Nuke Tri Saputra sulit dihentikan barisan pertahanan Prawira. Empat poin beruntun dari Nuke di dua menit terakhir, membuat Bima Perkasa memimpin enam angka (52-46).

Tetapi Prawira membalas dengan performa luar biasa dari Jarred Shaw. Pemain asing kedua milik Prawira tersebut membungkus enam angka beruntun untuk menjadikan skor kembali sama kuat, 52-52. Kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan Bima Perkasa satu angka (53-52) setelah Nuke memasukkan satu free throw.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sengit

Tensi naik di kuarter keempat. Lagi-lagi Nuke merepotkan pertahanan Prawira. Dia membuat Bima Perkasa unggul 58-56. Prawira merespons dengan three point dari Yudha Saputera. Pada akhirnya Prawira kebobolan dengan long pass dari Nuke yang dilanjutkan dengan slam dunk oleh Fuquan Niles. Bima Perkasa memimpin 60-55 di pertengahan kuarter keempat. Sempat terjadi ketegangan di mana Brandone Francis terlihat menginjak paha dari Ikram Fadhil setelah terjadi kemelut di ring Prawira. Karena tindakan ini Francis menerima unsportsmanlike foul.

Pada dua menit terakhir, terjadi skor sama kuat (66-66). Dua kali kesempatan Bima Perkasa memimpin ternyata kandas setelah Ikram Fadhil gagal memasukkan bola dengan layup. Di sisa satu menit, Fuquan Niles memberikan harapan untuk Bima Perkasa setelah memasukkan dua angka. Tetapi di sisa empat detik, three point Brandone Francis membawa Prawira unggul 71-68. Ternyata poin tersebut menjadi penentu kemenangan Prawira atas Bima Perkasa.

3 dari 3 halaman

Brandone Francis

"Game yang berat. Tapi tim saya bermain sangat baik. Dua pemain lawan yang foul-out menjadi keuntungan bagi kami. Kemenangan ini menunjukkan bahwa kami adalah tim terbaik di liga," kata Brandone Francis seperti dilansir situs resmi IBL.

Francis menjadi bintang kemenangan Prawira. Dia membuat 24 poin dan 12 rebound dari 24 menit bermain. Point guard Yudha Saputera juga bermain gemilang dengan mengoleksi 15 poin, ditambah tujuh assist.

Di kubu Bima Perkasa, Nuke Tri Saputra bermain luar biasa dengan mencatatkan 20 poin, enam rebound, dan empat assist. Dengan hasil ini maka Prawira sekarang memiliki rekor 18-2, sedangkan Bima Perkasa 14-7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.