Sukses

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023: Duel Panas Timnas Indonesia U-22 vs Thailand

Timnas Indonesia U-22 bakal ditantang Thailand di final sepak bola SEA Games 2023. Simak rincian jadwalnya melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Kepastian mengenai lawan Timnas Indonesia U-22 di babak final sepak bola SEA Games 2023 akhirnya didapat. Skuad Garuda Nusantara akan meladeni musuh bebuyutannya Thailand di partai puncak kompetisi olahraga multi event se-Asia Tenggara.

Pasukan Gajah Perang berhak menyusul tim Merah Putih usai mengalahkan runner-up Grup B Myanmar dalam duel semifinal yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu (13/5/2023) malam WIB.

Thailand unggul tiga gol tanpa balas lewat aksi Teerasak Poeiphimai (‘37), Leon Pitchaya James (‘85), dan Anan Yodsangwal (‘90+7), sehingga dipastikan bakal bersua dengan Garuda Nusantara pada 16 Mei mendatang.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-22 memang sudah lebih dulu mengamankan tiket menuju final sepak bola SEA Games 2023. Kemenangan di laga dramatis melawan Vietnam mengantar Rizky Ridho dan kawan-kawan kembali menembus partai pemungkas, setelah terakhir kali mencatatkan prestasi serupa pada edisi 2019.

Adapun Garuda Nusantara memang tampil apik di awal laga. Mereka sanggup memimpin perolehan angka dengan 1-0 di menit ke-10 usai lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut oleh Komang Teguh.

The Golden Star yang tak mau kalah langsung memanaskan persaingan dengan mencetak angka penyeimbang melalui Nguyen Van Tung pada menit ke-36. Aksi tersebut membuat kedudukan sementara 1-1 bertahan sampai turun minum.

Timnas Indonesia U-22 baru bisa menggandakan torehan skor di babak kedua. Berawal dari lemparan ke dalam Arhan, bola ditunju oleh kiper Vietnam lalu jatuh ke kaki Marselino Ferdinan.

Penggawa KMSK Deinze itu lantas melepas tendangan jarak jauh sebelum si kulit bundar mengenai kaki Muhammad Ferrari, sehingga membelok arah dan merobek gawang lawan. Indonesia kembali unggul 2-1 atas Vietnam.

Kejar-kejaran skor kembali terjadi usai Pratama Arhan diusir keluar lapangan dan Bagas Kaffa mencetak gol bunuh diri. Namun, kemunculan Taufany Muslihuddin sebagai pahlawan di masa injury time akhirnya mengantar Garuda Nusantara berjaya atas Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidupkan Asa Meraih Medali Emas

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menembus babak final SEA Games 2023 sekaligus menghidupkan asa Merah Putih untuk merebut kembali medali emas cabor sepak bola.

Seperti diketahui, Indonesia memang sudah lama absen naik ke podium tertinggi di turnamen olahraga multi event se-Asia Tenggara. Pasukan Garuda Nusantara terakhir kali mendapat kejayaan serupa di SEA Games 1991, yakni lebih dari tiga dekade silam.

Kendati demikian, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri sempat menegaskan pihaknya tak bakal terlalu membeni Garuda Nusantara dalam perhelatan kali ini. Ia hanya berharap Marselino Ferdinan dan kolega bisa tampil maksimal di setiap pertandingan.

“Semua pemain tidak kami bebankan dengan target. Yang penting mereka enjoy dan main (dengan performa) terbaik,” tutur Indra selepas laga pemungkas grup A melawan Kamboja pada Rabu (10/5/2023) lalu.

Simak jadwal lengkap pertandingan final sepak bola SEA Games 2023, yang bakal menampilkan persaingan sengit antara Timnas Indonesia U-22 dengan Thailand, pada halaman selanjutnya!

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023

Perebutan Medali Perunggu

Selasa, 16 Mei 2023

16.00 WIB: Timnas Vietnam U-22 vs Timnas Myanmar U-22

 

Perebutan Medali Emas

Selasa, 16 Mei 2023

19.30 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.