Sukses

Emas SEA Games 2023 Melayang, Lalu Muhammad Zohri Batal Tampil di Final 100 Meter Putra

Lalu Muhammad Zohri sempat ikut menyumbang emas bagi Indonesia di SEA Games 2023 lewat nomor lari estafet 4 x 100 meter putra.

Liputan6.com, Jakarta Sprinter kebangaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri gagal mendulang medali dari nomor andalannya, lari 100 meter putra SEA Games 2023 Kamboja. Dia batal berlomba akibat menderita cedera. 

 

Dalam rilis yang disebar NOC Indonesia disebutkan, Lalu Muhammad Zohri mengalami cedera saat pemanasan jelang tampil di nomor 200 meter Senin lalu. Namun saat itu, pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut masih tetap tampil dan ikut ambil bagian pada nomor lari estafet 4x100 meter. 

Hasilnya, Zohri yang tampil bersama dengan Bayu Kertanegara, Wahyu Setiawan dan Sudirman Hadi berhasil meraih medali emas usai mencatatkan waktu 39,11 detik. Lalu Zohri mengalahkan Thailand yang dikenal sebagai raja estafet 4x100 meter putra di lima edisi SEA Games terakhir.

Zohri Cs pun berhasil memutus paceklik emas yang melanda nomor ini sejak 2013 lalu.  

Usai mendapatkan medali emas di esfatet, Lalu Zohri diproyeksikan tampil pada nomor 100 meter. Ia juga ditarget untuk membawa pulang medali emas dari nomor yang jadi andalannya tersebut.

Pada heat yang berlangsung Jumat pagi (12/5), Lalu Zohri berhasil finis kedua dengan catatan waktu 10,56 detik. Namun sayang, dia batal tampil di final karena cedera yang menimpanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Pelatih

“Quadriceps atau otot paha depan ketarik. Tadi pas sedang lari di heat 100 meter dia kena lagi, ketarik lagi,” kata Eni Nuraini, Kepala Pelatih nomor sprint PB PASI. “Sebenarnya Zohri juga masuk final. Tapi karena kita takut cederanya lebih parah jadi mending tidak ikut saja nanti di final. Sebab beberapa bulan lagi mau ada Asian Games, takut nanti recovery-nya jadi lebih lama,” jelasnya.

Lebih lanjut Eni menjelaskan kondisi Lalu Zohri langsung ditangani oleh dua dokter PB PASI yang ikut dalam kontingen. “Sudah dikompres es batu dan tadi juga sudah ditusuk jarum. Sayang memang, tapi ada yang lebih penting, Asian Games dan kualifikasi Olimpiade yang jadi tujan dan target,” imbuh Eni.

3 dari 3 halaman

Sangat Disayangkan, tapi....

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim juga sudah mendengar kabar mengenai cedera Lalu Zohri. Dia menghormati keputusan tim pelatih untuk tidak menurunkan Lalu Zohri di final 100 meter putra. “Kami menghargai segala keputusan dari tim ofisial PB PASI," katanya.

"Ibaratnya itu prestasi terbaik sudah di depan mata, potensial emas. Tapi balik lagi, ada kepentingan yang lebih besar, si atlet itu sendiri, dan tentunya ada prestasi terbaik yang harus dan dapat dicapai Zohri dikemudian hari. Jadi mundur selangkah untuk lari seribu langkah ke depan," bebernya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini