Sukses

Morning Whistle Memimpin di Seri Pertama Liga Tenis Meja Indonesia

Liga Tenis Meja Indonesia 2023/2023 berlangsung di GOR Singgasana Bandung, Jawa Barat pada 9 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Perkumpulan Tenis Meja (PTM) Morning Whistle berjaya pada seri pertama Liga Tenis Meja Terry Palmer Indonesia (LTMTPI) 2023/2024. Morning Whistle menempati posisi pertama pada beregu putra dan putri.

Liga Tenis Meja Indonesia 2023/2023 berlangsung di GOR Singgasana Bandung, Jawa Barat pada 9 Maret 2023. Christin Ferliana dan kawan-kawan mengawali menempatkan PTM milik Wilson Pesik di peringkat pertama ini dengan tampil tanpa terkalahkan dalam lima laga.

Sayangnya, tim asuhan Yopie Warsono ini gagal melengkapinya penampilan setelah kalah melawan Asian All Star dengan skor 2-3.

"Alhamdulilah Morning Whistle bisa menempati peringkat pertama pada Liga Seri Pertama tanpa mengalami kekalahan meski harus melalui pertarungan ketat. Dan, kami akan berusaha mempertahankan gelar ini pada Seri Kedua di Surabaya pada Juni 2023 nanti," kata Christin Ferliana, peraih perak dan perunggu SEA Games 2005 Filipina yang ditemui usai pertandingan. 

Kesuksesan Christin Ferliana dan kawan-kawan dilengkapi Tim putra Morning Whistle yang diperkuat peraih perunggu Paralimpiade 2021 Tokyo, David Yacob. 

Di laga penentuan menghadapi PTM Sukun yang berlangsung hingga Jumat (10/3/2023) dini hari, Triono tampil sebagai penyelamat dengan mengalahkan Hafid dengan skor 3-1(12-10, 7-1, 11-5, 11-6). Kemenangan ini sekaligus membawa Morning Whistle unggul 3-2 atas Sukun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penentuan Seri Pertama Liga Tenis Meja Indonesia

"Morning Whistle dan PTM Prima Nusantara memang sama-sama meraih 6 kemenangan dan 1 kekalahan. Tetapi, Morning Whistle menempati peringkat pertama karena mengalahkan Prima Nusantara. Istilahnya unggul head to head. Tetapi, Tim Beregu Putra PTM Best menjuarai Seri Pertama dan Asian Stars menjadi juara di beregu Putri," jelas Sekjen Liga Tenis Meja Indonesia, Hendra Darmawan. 

Pada hari kedua laga penentuan juara liga seri pertama, Kamis (9/3/2023), Fernando dan Gusti Syaiful bukan hanya menjadi kunci keberhasilan PTM Prima Nusantara memgalahkan PTM Best dengan skor 3-2. Namun, mereka sukses mempermalukan petenis meja nasional asal Korea Selatan lainnya, Jeong Yeong-hun yang direkrut PTM Best. 

3 dari 5 halaman

Penampilan Nando

Penampilan Nando, panggilan akrab Fernando yang turun di tunggal kedua memang luar biasa. Meski sempat tertinggal 0-2, dia mampu menyelesaikannya dengan skor 3-2 (6-11,

7-11, 11-8, 11-9, dan 11-9). Begitu juga dengan Gusti, panggilan akrab Gusti Syaiful yang turun di tunggal keempat mengulang sukses Nando dengan skor 3-1 (11-8, 7-11, 12-10, dan 11-8). 

"Saya sempat tertinggal 0-2 karena Jeong memang pemain berkualitas yang punya jam terbang lebih banyak. Kunci kemenangan saya adalah kesabaran. Dan, saya senang bisa mengalahkannya," kata Nando. 

"Saya senang bisa mengalahkan petenis meja Korea Selatan. Ini kemenangan pertama saya melawan pemain dari luar negeri. Liga ini telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menunjukkan kemampuan dan menambah pengalaman bertanding," timpal Gusti

4 dari 5 halaman

Persaingan Ketat

Meski liga yang dipelopori pecinta tenis meja Singgih Yehezkiel baru menyelesaikan putaran pertama tetapi atlet dan pelatih sudah merasakan adanya persaingan ketat dalam meraih tempat terbaik. Makanya, mereka berharap liga ini bisa terus dipertahankan. 

"Persaingan di liga ini cukup ketat. Saya yakin jika liga ini terus digelar bisa mengembalikan kejayaan tenis meja Indonesia. Kerinduan anak-anak dengan kompetisi berkualitas sudah terobati sehingga mereka bisa terus menjalankan program latihan untuk menghadapi laga selanjutnya," kata pelatih PTM Best Jawa Timur, Hariyono. 

Pada Jumat, 10 Maret 2023, akan dipertandingkan Inter Master dengan peserta masing-masing 2 atlet mewakili PTM serta 10 pemain asing yang hadir di Liga. 

5 dari 5 halaman

Hasil Akhir Liga Tenis Meja Indonesia 2023/2024 Seri Pertama:

Putra :

1. PTM Morning Whistle 

2. PTM Prima Nusantara 

3. PTM Best

4. PTM Stoni

5. PTM Sukun 

6. PTM Regisa 

7. PTM Bakti

8. PTM Arwana 

Putri :

1. PTM Morning Whistle 

2. PTM Arwana 

3. PTM AIF 

4. PTM Bakti

5. PTM Sukun 

6. PTM IPC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.