Sukses

Timnas Israel Main di Indonesia di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Tak Mau Olahraga Terbelenggu Politik: Mimpi Event Besar Lain Bisa Sirna

Erick Thohir berharap situasi tetap kondusif di Piala Dunia U-20 2023 meski ada timnas Israel akan bertanding di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Israel untuk pertama kalinya berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Celakanya debut Israel justru akan terjadi di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia pada Mei hingga Juni mendatang. 

Israel berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia sebagai salah satu wakil benua Eropa. Mereka sukses menembus babak semifinal di Piala Eropa U-19 sehingga berhak berlaga di Indonesia.

Lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 2023 menghadirkan perdebatan panas di tanah air. Penyebabnya tak lain karena Israel masih berkonflik dengan Palestina. Indonesia selama ini mendukung kemerdekaan Palestina dan tidak mengakui negara Israel. 

Meski demikian, ketua umum PSSI Erick Thohir memastikan Israel tetap diperlakukan dengan baik seperti yang diterima peserta lain selama perhelatan Piala Dunia U-20. Erick ingin olahraga dipisahkan dengan politik.

"Konteks politik dan olahraga itu menjadi bagian daripada kejadian yang ada di seluruh dunia. Sebagai tuan rumah, kita harus menyiapkan tentu tim manapun yang bermain. Harus kita siapkan. Kalau kita tidak melayani dengan baik tim-tim peserta dari negara manapun gimana kita bisa melakukan yang namanya Piala Dunia," kata Erick Thohir saat peresmian Emtek Group sebagai pemegang hak sir Piala Dunia U-20 2023, Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi

Untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 2023 yang akan diikuti timnas Israel, PSSI juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kemenko Polhukam.

Erick berharap Piala Dunia U-20 2023 bisa sukses dan tidak tercoreng meski ada Timnas Israel main di Indonesia. Pasalnya kesuksesan Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi pembuka jalan bagi Indonesia menjadi tuan rumah gelaran akbar lainnya seperti Piala Dunia dan Olimpiade.

"Khususnya untuk beberapa negara yang ada isu diplomatik kita akan melibatkan Kemenlu dan Kemenko Polhuham untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga kesempatan mimpi kita menyelenggarakan Piala Dunia sirna ataupun mimpi ingin menyelenggarakan Olimpiade sirna karena kita semua terbelenggu oleh politik bukan event olahraganya. Tentu konsekuensinya harus kita jaga baik-baik. Makanya kita kerjasama dengan banyak pihak termasuk pemerintah, Kemenlu dan Menko Polhukam," tegas Erick.

3 dari 4 halaman

Daftar Peserta

Daftar negara yang sudah memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023:

  1. Indonesia (tuan rumah)
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia
  13. Brasil
  14. Uruguay
  15. Kolombia
  16. Ekuador
4 dari 4 halaman

Disiarkan SCM

Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 ini akan disiarkan langsung Emtek Group lewat SCM. Pecinta bola di Indonesia bisa menyaksikan seluruh pertandingan melalui SCTV, INDOSIAR, VIDIO, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola, dan Champions TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.