Sukses

Bukan Marc Marquez, Mantan Bos Suzuki Bakal Angkat Prestasi Honda di MotoGP 2023

Mantan direktur teknik Suzuki, Ken Kawauchi akan memberi pengaruh besar kepada Repsol Honda di MotoGP 2023

Liputan6.com, Jakarta Repsol Honda sudah tertidur di MotoGP sejak 2020. Musim lalu, Honda mencapai prestasi terendah mereka di MotoGP.

Kini, Honda punya senjata rahasia.Selain dua mantan pembalap Suzuki, Honda juga akan terbantu oleh hadirnya otak dibalik kesuksesan Suzuki yaitu Ken Kawauchi.

Mantan manajer teknik Suzuki ini juga bakal berpengaruh untuk Honda. Kawauchi, diyakini Suppo, bakal menjadi kunci untuk Honda musim depan.

"Ken itu bertugas sebagai direktur teknik di Suzuki. Itu artinya seluruh tim teknik harus mengirimkan laporan ke dia di setiap latihan dan balapan," kata Livio Suppo seperti dikutip crash.

"Dia akan memimpin seluruh pertemuan teknis. Ken sangat bagus dalam hal mengumpulkan informasi dan membawanya kembali ke pabrik."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sulit

 

 

Suppo menilai kerja Ken sangat vital utamanya untuk tim pabrikan asal Jepang. Soalnya, informasi dari trek sering sulit sampai ke pabrikan.

"Penting bagi mereka untuk memiliki visi yang sama dan orang-orang di trek percaya dengan orang di pabrik. Kalau tak memiliki ide yang sama, ini tentu bakal jadi bencana buat pengembangan motor," kata Suppo.

"Ken punya dua sifat bagus. Pertama, dia sudah membuktikan sangat baik di pekerjaannya. Kedua, dia punya karakter yang sangat bagus," dia menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Peran Kawauchi

 

Suppo mengatakan Kawauchi akan membuat kompak Honda. Ini pula yang dilakukannya saat membesut Suzuki.

"Peran Ken itu bukan untuk membangun sebuah motor baru," kata Suppo.

"Dia akan membantu setiap orang di HRC untuk bekerja ke arah yang sama. Saya tekankan arah yang sama, bukan arah yang benar, itu berbeda sekali," dia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.