Sukses

Head to Head Timnas Indonesia Vs Thailand di Piala AFF, Gajah Perang Mengerikan

Head to Head Timnas Indonesia Vs Thailand. Secara statistik, Tim Gajah Perang lebih mengerikan.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022/2023. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Timnas Indonesia saat ini berada di bawah Timnas Thailand yang berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara. Meski memiliki poin sama enam, Thailand berhak di posisi pertama karena unggul agresivitas gol.

Indonesia dan Thailand sama-sama sudah melakoni dua laga dan dua kemenangan. Indonesia mengalahkan kamboja 2-1 di laga perdana dan membantai Brunei Darussalam 7-0.

Sementara Thailand melibas Brunei 5-0 dan menumbangkan Filipina dengan empat gol tanpa balas.

Pertemuan nanti bakal memperbesar peluang pasukan Shin Tae-yong maupun Thailand lolos ke babak semifinal. Syaratnya sudah jelas yakni kemenangan.

Jika melihat statistik, fans Indonesia harus menerima kenyataan, pasalnya Tim Gajah Perang lebih mengerikan.

Dilansir 11v11, Indonesia dan Thailand sudah bertemu 80 kali sejak 1957 hingga 2022 di semua kompetisi.

Hasilnya, Thailand lebih dominan dengan mencatatkan 40 kemenangan. Sedangkan Indonesia cuma mengemas 25 kemenangan, dan 15 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Adapun pertemuan pertama Indonesia dengan Thailand terjadi di Piala Merdeka 1957. Ketika itu, Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 4-0.

Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim terjadi di final leg kedua Piala AFF 2020. Skor berakhir sama kuat 2-2, namun Thailand berhak menjadi juara setelah menang 4-0 pada leg pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Laga Terakhir

Jika dikerucutkan dalam lima laga terakhir, Thailand juga lebih digdaya ketimbang Indonesia dengan tidak pernah menelan kekalahan.

Hasil terabik yakni dua kali menahan imbang yang terjadi pada leg kedua final AFF 2021 kemudian kualifikasi Piala Dunia 2021. Tiga laga sisa berakhir dengan kekalahan.

Pelatih Shin Tae Yong tentunya harus memutar otak untuk meraih kemenangan perdana bersama Timnas Indonesia sekaligus memutus rekor buruk saat berhadapan dengan Thailand.

3 dari 4 halaman

Ujian Sesungguhnya

Kualitas Thailand jelas berbeda dengan dua lawan yang sudah dikalahkan Indonesia yakni Kamboja dan Brunei Darussalam,

Hal itu pun diakui oleh Shin Tae-yong. Oleh karenanya, pelatih asal Korea selatan itu menyatakan bahwa duel melawan Thailand adalah ujian yang sesungguhnya untuk Asnawi Mangkualam Cs.

"Sebenarnya ini baru dua match dan pertandingan ketiga lawan Thailand sangat penting," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga kontra Brunei.

"Baru setelah selesai pertandingan ketiga akan terlihat bagaimana gambaran semifinal dan final seperti apa," ucap Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Head to Head Indonesia Vs Thailand

Main: 80 Kali

Indonesia Menang:25

Thailand Menang: 40

Seri: 15

5 Pertemuan terakhir

17 Nov 2018 Thailand v Indonesia 4-2 Piala AFF

10 Sep 2019 Indonesia v Thailand 0-3 Kualifikasi Piala Dunia

03 Jun 2021 Thailand v Indonesia 2-2 Kualifikasi Piala Dunia

29 Dec 2021 Indonesia v Thailand 0-4 Piala AFF

01 Jan 2022 Indonesia v Thailand 2-2 Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.