Sukses

Perjalanan Argentina ke Perempat Final Piala Dunia 2022: Dibangunkan Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta Sejak menelan kekalahan 1-2 dari Arab Saudi di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022, Argentina menunjukkan perkembangan yang positif dari pertandingan ke pertandingan.

Kini La Albiceleste, julukan Argentina, tiga langkah lebih dekat dengan laga puncak Piala Dunia 2022 Qatar setelah memastikan lolos ke perempat final berkat kemenangan 2-1 atas Australia di babak 16 besar.

Kiprah Argentina hingga laga kontra Australia membuat fan mereka makin optimistis Lionel Messi Cs bakal mengikuti jejak pasukan La Albiceleste yang menguasai Piala Dunia 1978 dan 1986.

Permainan Argentina menunjukkan tren meningkat dan suporter La Albiceleste meyakini progres positif ini, tak lepas dari kekalahan mengejutkan di laga pertama dari Arab Saudi.

"Kalah dari Arab Saudi menjadi hal positif untuk Argentina (jadi pelajaran untuk lebih baik)," kata Scaloni, belum lama ini.

Kini keyakinan tengah meliputi skuad La Albiceleste, suporter mereka pun sekarang cukup optimistis bisa melihat Argentina berjaya di Qatar 2022 dan bisa melewati adangan Belanda di laga perempat final Piala Dunia 2022.

Seperti diungkapkan Gato Scheinaizen, seorang fan Argentina, yang mendukung langsung perjuangan La Albiceleste di Qatar. Ketika Argetina kalah dari Arab Saudi, dia mengaku sempat berpikir untuk lebih cepat meninggalkan Qatar.

Tetapi yang terjadi, justru sebaliknya. Gato Scheinaizen bersama fan Argentina lainnya, hingga sekarang masih berada di Qatar dan dia meyakini, ada hikmah besar di balik kekalahan dari Arab Saudi.

Gato Scheinaizen merasakan euforia yang sama dengan fan Argentina lainnya setelah La Albiceleste melewati rintangan Australia. Hal itu diungkapkannya saat diwawancara Ahmed Pato, seorang presenter radio yang berbasis di Doha, dan menjadi kontributor ESPN.

"Tidak ada perjalanan (pulang ke Argentina), Habibi, Argentina akan mengambil Piala Dunia. Duduk di sini dan jangan bepergian," kata Pato kepada penggemar dalam rekaman video yang dibagikan secara luas di media sosial.

"Tidak masalah, duduklah di rumahku. Tidak ada perjalanan. Argentina adalah yang terbaik. Di Qatar semua orang diterima. Anda berada di rumah Anda."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diterima Warga Qatar

Gato Scheinaizen kemudian berterima kasih kepada Pato atas tawaran baiknya yang menunjukkan warga Qatar sangat menerima dengan baik kehadiran suporter Argentina.

"Ahmed adalah orang yang sangat baik, dia mengundang saya untuk tinggal di rumahnya selama sisa Piala Dunia," katanya kepada The National.

"Dia juga berjanji akan membayar semua tiket pertandingan. Dia orang yang baik."

Tawaran yang baik itu disambut dengan sorak-sorai meriah oleh penggemar Argentina lainnya yang berkumpul di area tersebut.

Pato terlihat mengangkat barang bawaan pria itu di atas kepalanya saat dia bersiap untuk membawanya ke perhentian tak terduga dalam perjalanannya ke Qatar.

“Salah satu kisah paling gila yang kami ceritakan sejauh ini di Piala Dunia,” kata Agustin Belachur, fan Argentina lainnya yang diwawancara Pato.

Ahmed Pato mengatakan, sikapnya terhadap suporter Argetina sesuai dengan semangat sebenarnya dari permainan sepak bola yang indah.

"Begitulah cara kami memperlakukan tamu kami. Qatar menyambut Anda semua. Sepak bola menyatukan semua bangsa menjadi satu."

 

3 dari 4 halaman

Road to Quarter Final Argentina

Berikut adalah rekap hasil pertandingan Argentina, mulai dari fase grup hingga lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Hasil Laga Grup C

22/11/2022 - Argentina vs Arab Saudi 1-2 (Messi 10; Al-Shehri 48, Al-Dawsari 53)

27/11/2022 - Argentina vs Meksiko 2-0 (Messi 64, Enzo Fernandez 87)

01/12/2022 - Polandia vs Argentina 0-2 (Mac Allister 46, Julian Alvarez 67)

Hasil Laga 16 Besar

04/12/2022 - Argentina vs Australia 2-1 (Messi 35, Julian Alvarez 57; Enzo Fernandez 77-og)

Statistik Argentina

Jumlah gol: 7

Kebobolan: 2

Kartu Kuning: 2 (Gonzalo Montiel, Marcos Acuna)

Kartu Merah: -

Daftar Pencetak Gol

3 gol - Lionel Messi

2 Gol - Julian Alvarez

1 gol - Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Selanjutnya

Argentina akan menghadapi Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022. Tantangan yang di atas kertas bakal sangat menguras tenaga Lionel Messi Cs.

Pertandingan Belanda vs Argentina akan disiarkan langsung SCTV, Indosiar, Nex Parabola dan platform OTT Vidio yang digelar di Stadion Lusail Iconic, pada Jumat (9/12/2022) malam pukul 22.00 waktu Qatar atau Sabtu (10/12/2022) dini hari pukul 02.00 WIB.

Di atas kertas, sulit memprediksi siapa yang bakal jadi pemenang duel Belanda vs Argentina. Tetapi La Albiceleste sedikit lebih difavoritkan.

Namun, Argentina harus mewaspadai permainan Belanda yang cenderung meunggu, dan sangat berbahaya ketika melakukan serangan balik seperti ditunjukkan saat melawan Amerika Serikat.

Permainan Belanda juga dinilai sejumlah pengamat telah berkembang dengan baik dan mulai memperlihatkan kualitas bermain dengan standar tinggi. Itu bisa menjadi ancaman yang membuat impian besar Lionel Messi meraih trofi Piala Dunia kandas.

Belanda dan Argentina terakhir kali jumpa di Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil pada babak semifinal yang dimenangkan La Albiceleste lewat adu penalti. Di final Argentina gagal menyempurnakannya setelah takluk 0-1 dari Jerman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS