Sukses

Hasil BWF World Tour Finals 2022: Jonatan Christie Bungkam Wakil Singapura, Fajar/Rian Petik Kemenangan Kedua

Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kompak memetik kemenangan di hari kedua BWF World Tour Finals pada Kamis (8/12/2022). Jojo berjaya atas Loh Kean Yew, sementara Fajar/Rian membungkam Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Liputan6.com, Jakarta Jonatan Christie sukses memetik kemenangan pertamanya di BWF World Tour Finals 2022. Berhadapan dengan andalan Singapura, Loh Kean Yew, pada Kamis (8/12/2022), tunggal putra Tanah Air berjaya dengan rubber game, 16–21, 22–20, dan 21–10.

Jojo kesulitan mengimbangi pola permainan Loh di game pertama. Perolehan poinnya tercecer sejak awal permainan. Ia bahkan terpaut empat angka dengan 7–11 saat interval.

Pebulu tangkis peringkat lima dunia mencoba mengikis ketertinggalan selepas jeda. Ia menjadi hanya berselisih dua poin di kedudukan 10–12. Sayang, tren positif tersebut dengan cepat diputus oleh Loh Kean Yew.

Tunggal putra asal Singapura kembali menciptakan selisih jarak cukup jauh dengan Jonatan Christie. Penggawa Merah Putih dipaksa tertinggal lima angka, 11–16, sebelum akhirnya tunduk 16–21 di pengujung set pembuka.

Jojo mencoba bangkit di game kedua. Wakil Indonesia tampil lebih meyakinkan hingga mampu memimpin torehan angka dengan 6–2. Loh berusaha comeback. Ia mampu menyamai koleksi poin Jojo di kedudukan 9–9.

Drama kejar-kejaran skor tersaji jelang interval. Loh Kean Yew unggul tipis 11–10 lantaran dropshot-nya sanggup mematikan langkah Jojo.

Pasca interval, giliran Jojo yang mencoba menempel torehan angka wakil Singapura. Pebulu tangkis berusia 25 tahun tampil agresif hingga mampu unggul dua poin di kedudukan 15–13.

Di sisi lain, Loh juga tidak kalah perkasa. Pemuda yang pernah menyabet gelar juara dunia pada 2021 itu memanfaatkan unforced errors Jojo untuk kembali menciptakan angka kembar 15–15. Kedua pemain balik kejar-mengejar angka di poin-poin kritis.

Loh Kean Yew lebih dulu mendapat match point opportunity. Namun, Jojo sanggup memaksa permainan menjadi deuce. Kesempatan ini pun langsung dimanfaatkan oleh wakil Indonesia. Ia segera membungkus kemenangan dengan 22–20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Ketiga

Jonatan Christie tampil lebih percaya diri di game penentu. Modal kemenangan pada set sebelumnya nampaknya cukup untuk mendongkrak semangat pebulu tangkis kelahiran 1997 itu. Jojo unggul lima angka dengan 11–6 saat interval.

Dominasi pemain Indonesia masih sulit dipatahkan selepas jeda. Serangan demi serangan yang dilancarkan Jojo efektif membuat Loh Kean Yew makin terpuruk dengan selisih delapan angka di kedudukan 14–6.

Sayang momen positif ini sempat terputus. Tunggal putra asal Singapura balas memperkecil selisih jarak dengan mengumpulkan tambahan tiga angka berturut-turut. Beruntung Jojo mampu bangkit untuk menghentikan laju lawannya.

Wakil Merah Putih makin tangguh di poin-poin kritis. Ia bahkan sudah berselisih setengah skor dengan Loh di kedudukan 18–9. Tak butuh waktu lama bagi Jojo untuk menyudahi perlawanan.

Pengembalian shuttlecock Loh Kean Yew yang menyangkut memastikan kemenangan wakil Indonesia di game ketiga dengan skor akhir 21–10.

3 dari 4 halaman

Fajar/Rian Bekuk Jagoan Jepang

Sebelumnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto telah lebih dulu meraih hasil positif di pertandingan kedua. Ganda putra peringkat tiga dunia itu membekuk jagoan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi lewat dua game langsung, 21–18, 21–15.

Duo asal Negeri Sakura sejatinya tampil lebih dominan di awal set pertama. Fajar/Rian bahkan dibuat tertinggal 0–5 pada permulaan permainan. Namun, perlahan tapi pasti, wakil Indonesia mulai menunjukkan taringnya.

Fajar/Rian berbalik memimpin pasca interval. Sempat nyaris tersalip, penggawa Merah Putih berhasil menjaga selisih jarak di pengujung game pertama. Duo Tanah Air akhirnya mencuri kemenangan lewat keunggulan 21–18 atas Hoki/Kobayashi.

Penampilan kian solid diperlihatkan Fajar/Rian di game kedua. Berbekal kemenangan di set pembuka, ganda putra Indonesia mampu melesat dengan 6–3 di awal permainan.

Hoki/Kobayashi sempat memaksa terjadinya drama kejar-kejaran skor jelang interval. Namun, situasi itu tak bertahan lama. Fajar/Rian mampu mengambil alih kendali usai unggul tipis 11–10 saat jeda.

Kiprah wakil Indonesia makin sulit dihentikan. Pasangan Jepang mencoba mengikis ketertinggalan, tetapi upayanya mampu diantisipasi oleh Fajar/Rian.

Tak butuh waktu lama bagi pebulu tangkis Tanah Air untuk menuntaskan perlawanan. Game kedua kembali menjadi milik Fajar/Rian setelah mereka unggul 21–15.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1

Pertandingan ke-1: An Se-young (Korea Selatan) vs Gregoria Mariska Tunjung; 21–9, 11–21, 21–10

Pertandingan ke-2: Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti; 21–14, 21–19

Pertandingan ke-3: Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen (China Taipei); 21–14, 12–21, 21–19

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-4: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang); 21–18, 21–15

Pertandingan ke-5: Jonatan Christie vs Loh Kean Yew (Singapura); 16–21, 22–20, 21–10

Pertandingan ke-7: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 11.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.