Sukses

16 Besar Piala Dunia 2022: Pejabat Senegal Bakar Semangat Kalidou Koulibaly Cs, Inggris Wajib Waspada

Liputan6.com, Jakarta Skuad Senegal mendapat suntikan motivasi dari Menteri Olahraga, Yankhoba Diatara, jelang duel kontra Inggris pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, kota Al Qhor, Senin (4/12/2022) dini hari pukul 02.00 WIB.

Yankhoba Diatara membawa pesan khusus dari Presiden Senegal, Macky Sall, untuk membakar semangat Kalidou Koulibaly Cs. Suntikan motivasi tentu dibutuhkan demi mengangkat kepercayaan diri para pemain Senegal saat jumpa Inggris yang lebih difavoritkan.

"Izinkan saya, atas nama Kepala Negara, Yang Mulia Macky Sall, PM Amadou Bâ dan seluruh rakyat Senegal, mengucapkan terima kasih atas kebahagiaan yang telah kalian berikan. Pertemuan melawan Ekuador sangat heroik," kata Yankhoba Diatara dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Senegal.

"Kami tidak pernah meragukan kemampuan kalian untuk menghadapi tantangan besar ini. Kalian telah membuktikan kepada kami, sekali lagi, bahwa kita bisa terus menjaga harapan dalam partisipasi yang luar biasa di fase terakhir Piala Dunia 2022 Qatar ini."

"Atas nama Kepala Negara, saya kembali ke sini (Qatar), di depan kalian, yang menjadi wakil dari warna nasional kita, dalam turnamen sepak bola ini, untuk menyampaikan kepada kalian pesan solidaritas dan harapan seluruh Bangsa."

"Ya, kami tetap menjadi 17 juta Singa yang akan mengaum (mendukung penuh) bersama kalian sampai akhir. Kami akan mengaum untuk membuat kalian termotivasi dan mendorong kalian melampaui (batas) diri Anda sendiri untuk mengalahkan musuh."

"Kami akan mengaum dalam doa untuk memberkati kalian dan memohon perlindungan Tuhan untuk melindungi. Ya, kami tetap menjadi 17 juta Lions yang masih haus akan kemenangan dan berharap kalian akan terus melanjutkan dinamika performa positif ini."

Sejauh ini, Senegal membuktikan mereka bisa tampil kompetitif meski tanpa Sadio Mane yang harus dicoret jelang Piala Dunia 2022, akibat cedera.

Inggris jadi tantangan besar bagi juara Afrika itu. Posisi Senegal tidak lebih diunggulkan dari The Three Lions, tetapi mereka punya potensi untuk menghadirkan kejutan besar di 16 besar Piala Dunia 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1 Pemain Terjerat Skorsing

Ketiadaan Sadio Mane rupanya tak serta-merta membuat Singa Teranga kehilangan taringnya. Mereka pun diprediksi sanggup merepotkan The Three Lions, meski posisinya lebih tak diunggulkan dibanding Kane dan kolega.

Menghadapi Inggris, Senegal dipastikan kehilangan gelandang Everton, Idrissa Gueye, akibat skorsing akumulasi kartu kuning.

Pemain 33 tahun itu, kehilangan kesempatan menghadapi rekannya di klub, Jordan Pickford, setelah diganjar kartu kuning oleh wasit Clemenrt Turpin dalam laga kontra Ekuador.

Sementara Cheikhou Kouyate masih pemulihan karena mengalami cedera pergelangan kaki di pertandingan pertama melawan Belanda dan sejak itu absen dari latihan. Nampalys Mendy dari Leicester City berpeluang tampil dalam laga dini hari nanti.

 

3 dari 5 halaman

Potensial Kejutkan Inggris

Eks penyerang Liverpool, El Hadji Diouf, salah satu jajaran pelatih Senegal, sebelumnya telah memberi peringatan kepada Timnas Inggris jelang pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Ia meminta agar skuad asuhan Gareth Southgate tidak menganggap enteng pertemuan dengan Singa Teranga. Pasalnya, tak menutup kemungkinan Senegal bisa memberi kejutan, seperti saat mengalahkan Prancis di Piala Dunia edisi 2002 silam.

“Ini mengingatkan saya ketika kami bermain melawan Prancis. Mereka pikir mereka sudah memenangkan permainan sebelum mereka bertanding. Jika Inggris melakukan hal yang sama pada Minggu (waktu setempat), situasi ini bagus untuk kami,” ujarnya melansir Mirror.

Sejauh ini tak ada masalah cedera baru yang dialami Timnas Inggris. Hanya Kalvin Phillips dan James Maddison yang masih dilaporkan kurang fit.

Gareth Southgate pun diprediksi bakal bertahan dengan starting XI yang ia gunakan saat menghadapi Wales di laga pemungkas grup B: Harry Maguire mengawal lini belakang, Jude Bellingham memperkuat lini tengah, sementara Harry Kane menjadi juru gedor.

 

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

INGGRIS: Jordan Pickford (kiper); Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Henderson, Bellingham; Rashford, Kane, Foden

SENEGAL: Edouard Mendy (kiper); Sabaly, Koulibaly, Diallo, Jakobs; P. Gueye, N. Mendy, Ciss; Ndiaye, Dia, Sarr

 

5 dari 5 halaman

Performa Tim

5 Pertandingan Terakhir Inggris

24/09/2022: Italia 1-0 Inggris (UNL)

27/09/2022: Inggris 3-3 Jerman (UNL)

21/11/2022: Inggris 6-2 Iran (Piala Dunia)

26/11/2022: Inggris 0-0 Amerika Serikat (Piala Dunia)

30/11/2022: Wales 0-3 Inggris (Piala Dunia)

5 Pertandingan Terakhir Senegal

25/09/2022: Bolivia 0-2 Senegal (Friendly)

27/09/2022: Iran 1-1 Senegal (Friendly)

21/11/2022: Senegal 0-2 Belanda (Piala Dunia)

25/11/2022: Qatar 1-3 Senegal (Piala Dunia)

29/11/2022: Ekuador 1-2 Senegal (Piala Dunia)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS