Sukses

16 Besar Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia: Lionel Messi Dedikasikan Kemenangan untuk Penggemar

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi kembali tampil sebagai bintang kemenangan timnya di Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan Australia pada babak 16 besar, La Pulga membuka keran angka bagi Argentina dengan melesakkan gol pembuka di menit 35.

Catatan tersebut mengantar Messi mengoleksi tiga gol sepanjang pelaksanaan FIFA World Cup 2022. Keberhasilannya membobol gawang Socceroos menjadi kian spesial mengingat momen itu merupakan penampilan ke-1000 dalam karier seniornya.

Eks pemain Barcelona tak kuasa menyembunyikan luapan kegembiraan selepas laga. Pasalnya, peristiwa tersebut disaksikan oleh ribuan penggemar Argentina yang hadir. Hasil positif di babak 16 pun didedikasikan bagi fans La Albiceleste.

“Ini adalah perasaan yang luar biasa. Saya sangat senang berbagi momen indah ini, momen bahagia dengan mereka semua (penggemar Argentina),” tutur Messi usai menaklukkan Australia, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB.

Kapten Timnas Argentina secara khusus juga mengapresiasi dukungan fans, baik yang hadir langsung maupun yang menyaksikan melalui siaran. Menurut dia, semangat dan energi dari penggemar memberi dampak bagi para penggawa Tim Tango.

“Upaya yang mereka lakukan untuk berada di sini bersama kami dalam setiap pertandingan (luar biasa). Saya tahu betapa mereka menikmatinya juga di Argentina,” ujar bintang Paris Saint-Germain (PSG) seperti dilansir dari Daily Mail.

“Seluruh (pendukung) Argentina tentu ingin ada di sini, tetapi itu tidak mungkin. Saya pikir ada ikatan yang kami miliki (dengan penggemar), persatuan, dan ini merupakan sesuatu yang indah,” katanya lagi.

“Sungguh luar biasa apa yang mereka kirimkan; semangat, energi mereka, kegembiraan mereka dan kami sangat berterima kasih. Ini sulit dipercaya,” pungkas Messi.

Sekadar informasi, duel Argentina vs Australia berakhir dengan skor 2–1 untuk keunggulan pasukan Lionel Scaloni. Satu angka lain milik kubu Tim Tango dilesakkan oleh Julian Alvarez (’57), sementara gol hiburan Australia bersumber dari aksi bunuh diri Enzo Fernandez (’77).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Argentina tampil menyerang sejak awal pertandingan. Meski tanpa kehadiran Angel Di Maria di sisi kanan, skuad asuhan Lionel Scaloni tetap mampu merepotkan barisan pertahanan Sooceroos pada permulaan paruh pertama.

Sayangnya, Argentina masih tanpa gol hingga laga berjalan selama lebih dari 30 menit. Kebuntuan baru terpecah usai Lionel Messi melancarkan aksinya di menit 35.

Tendangan menyusur tanah yang dikirim La Pulga dari sela-sela pemain Australia mampu membawa Tim Tango unggul 1–0 sampai turun minum.

Scaloni melakukan pergantian barisan pertahanan pada awal babak kedua. Lisandro Martinez dikirim masuk untuk menggantikan Papu Gomez. Kendati demikian, serangan Argentina tak langsung menjadi kendor. 

Sebaliknya, pressing ketat yang dilakukan sejak dari lini depan membuat barisan pertahanan Australia melakukan kesalahan. Argentina akhirnya berhasil menggandakan keunggulannya lewat Julian Alavarez di menit 57.

Berawal dari blunder yang dilakukan bek Australia Rowless saat memberikan back pass penjaga gawang, Alvarez berhasil mencuri bola dan melepaskannya ke jaring Socceroos. Kedudukan sementara berubah menjadi 2–0 untuk keunggulan Tim Tango.

3 dari 4 halaman

Lebih Berani

Berada di posisi tertinggal, Australia tampil lebih berani dalam menyerang. Pergantian demi pergantian pemain yang dilakukan Graham Arnold mulai menunjukkan perubahan.

Alur serangan Socceroos semakin dahsyat. Puncaknya terjadi pada menit ke-77. Sepakan keras Goodwin dari luar kotak penalti mampu mengubah skor menjadi 1–2, setelah berbelok akibat membentur Enzo Fernandez dan berubah gol bunuh diri.

Sayang capaian itu belum cukup untuk mengantar Australia menandingi Argentina. Tak ada gol baru yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang. Kemenangan di babak 16 besar akhirnya menjadi milik Lionel Messi dan kawan-kawan.

4 dari 4 halaman

Banjir Pujian

Keberhasilan mengantar La Albiceleste tembus ke perempat final lagi-lagi membuat Messi banjir pujian. Eks pesepak bola sekaligus pundit Rio Ferdinand menilai tinggi performa La Pulga di laga kontra Socceroos pada Minggu (4/12/2022) dini hari WIB.

“Messi telah menampilkan performa individu terbaik yang pernah kami lihat di Piala Dunia sejauh ini,” ungkap Ferdinand kepada BBC, seperti dilansir dari Daily Mail.

“Kerumunan penggemar benar-benar luar biasa setelah aksinya. Kami nyaris selalu melihat reaksi dari para pendukung terhadap semua yang dia (Messi) lakukan,” sambungnya.

Sebagai informasi Argentina setelah ini bakal meladeni perlawanan Belanda dalam pertarungan fase delapan besar Piala Dunia 2022. Duel antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) pukul 02.00 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS