Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022 Belanda vs Qatar: Saatnya Oranje Pastikan Tempat di 16 Besar

Belanda harus mendapatkan tiga poin untuk memastikan tempat mereka di babak 16 besar, sementara hasil apapun takkan merubah status Qatar sebagai tuan rumah yang sudah dipastikan tersingkir di fase grup setelah dua pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta Belanda akan melanjutkan kampanye Piala Dunia ketika mereka menghadapi tuan rumah Qatar pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Pelatih kepala Belanda, Louis Van Gaal menyebut pertandingan dengan tuan rumah Qatar yang sudah dipastikan tersingkir sebagai pertandingan catur.

Belanda bekerja keras untuk bermain imbang 1-1 dengan Ekuador di matchday kedua saat mereka melewatkan kesempatan untuk lolos lebih awal ke babak 16 besar. Ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi Oranje - julukan timnas Belanda - untuk memastikan diri mereka lolos ke babak 16 besar dengan tambahan tiga poin.

Louis van Gaal telah menekankan keyakinannya bahwa Belanda dapat memenangkan Piala Dunia Qatar. The Oranje, tak terkalahkan dalam 17 pertandingan, mengalahkan Senegal 2-0 kemudian bermain imbang 1-1 dengan Ekuador dalam dua pertandingan Grup A mereka sejauh ini.

"Saya harap ini (mengatakan target memenangkan kompetisi) tidak ada tekanan sama sekali," kata Van Gaal. 

"Karena saya pikir Anda selalu harus mengidentifikasi tujuan, tujuan Anda berada di sini, dan kemudian Anda dapat bekerja dengan cara Anda menuju tujuan itu. Jika Anda tidak mengidentifikasi tujuan itu dan mengatakan '16 besar atau perempat final sudah cukup', itu bukan cara yang tepat untuk melakukan sesuatu," tegasnya. 

Di lain pihak, Qatar harus memutuskan antara penjaga gawang Saad Al Sheeb dan Meshaal Barsham, yang telah berbagi tugas di antara tiang gawang dalam dua pertandingan mereka sejauh ini. Mohammed Muntari mungkin dipastikan akan mendapatkan tempat awal setelah mencetak satu-satunya gol Piala Dunia negaranya, dalam kekalahan dari Senegal. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Duel antara Belanda vs Qatar akan terjadi pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt pada Selasa, 29 November 2022 pukul 22.00 WIB.

Pertandingan tersebut dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Van Gaal – yang berada di masa jabatan ketiganya sebagai pelatih kepala Belanda dan membawa mereka finis ketiga di Piala Dunia 2014 – telah mengkritik permainan timnya dalam hal penguasaan bola dalam dua pertandingan terakhir, dan mengatakan dia mencari peningkatan di bagian depan itu pada pertandingan hari Selasa nanti.

Tapi dia membela para pemainnya secara keseluruhan, dengan mengatakan: "Pada umumnya mereka telah tampil sangat baik di skuad untuk kami dan saya hanya berasumsi itu akan terus terjadi," kata dia.

"Saya mencoba memastikan setiap pemain mencapai potensi penuhnya, dan saya cukup sukses. Kami tidak terkalahkan selama 17 pertandingan dan jika Anda melihat selisih gol, Saya pikir kami pantas mendapatkan rasa hormat," lanjut Van Gaal menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Steven Berghuis, Frenkie de Jong, Deley Blind; Cody Gakpo; Steven Bergwijn, Memphis Depay.

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

 

Qatar (3-5-2): Meshaal Barsham; Pedro Miguel, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan; Ismaeel Mohammad, Abdulaziz Hatem, Assim Madibo, Hassan Al-Haydos, Ahmed Alaaeldin; Almoez Ali, Mohammed Muntari.

Pelatih: Felix Sanchez (Spanyol).

 

Lima pertandingan terakhir 

5 Pertandingan Terakhir Belanda (M-M-M-M-S)

15/06/22 Belanda 3-2 Wales (UNL)

23/09/22 Polandia 0-2 Belanda (UNL)

26/09/22 Belanda 1-0 Belgia (UNL)

21/11/22 Senegal 0-2 Belanda (Piala Dunia)

25/11/22 Belanda 1-1 Ekuador (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Qatar (M-M-M-K-K)

27/10/22 Qatar 1-0 Honduras (Friendly)

06/11/22 Qatar 2-1 Panama (Friendly)

10/11/22 Qatar 1-0 Albania (Friendly)

20/11/22 Qatar 0-2 Ekuador (Piala Dunia)

25/11/22 Qatar 1-3 Senegal (Piala Dunia).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.