Sukses

Dani Alves Dapat Tawaran Latihan Bersama Barcelona Jelang Piala Dunia Qatar 2022

Alves membutuhkan klub-klub yang bersaing di Eropa untuk mendapatkan pengalaman lebih tinggi jelang Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona telah menawarkan Dani Alves kesempatan untuk berlatih bersama klub menjelang Piala Dunia 2022 Qatar. Mantan pemain Barcelona ini masih berharap mendapatkan panggilan Leonardo 'Tite' Bacchi, pelatih Timnas Brasil untuk ke Qatar 2022.

Namun, sambil menunggu keputusan final pemain yang akan dibawa Tite ke Qatar dalam beberapa minggu mendatang, pemain berusia 39 tahun itu kini tengah mencari basis pelatihan di Eropa, untuk tetap fit menjelang kompetisi.

Bek sayap veteran itu bergabung dengan klub Pumas Meksiko dengan kontrak 12 bulan pada bulan Juli, menyusul kepergiannya yang kontroversial dari Barcelona pada akhir musim 2021/22, dengan Pumas memberikan izin untuk perjanjian tersebut.

Sesuai laporan dari Marca, Alves kini telah bergabung dengan rekan setim lamanya Rafa Marquez, untuk bergabung dengan sesi latihan di tim cadangan Barcelona.

Marquez telah mengalami awal yang beragam sejak memimpin tim Barcelona B pada Juli dengan tiga kemenangan dari sembilan pertandingan liga sejauh musim ini. Pelatih kepala Pumas baru Rafael Puente juga mengkonfirmasi Alves akan kembali ke Meksiko setelah Piala Dunia untuk menyelesaikan kontraknya

Dani Alves diharapkan untuk tiba di Qatar pada 20 November nanti dalam kondisi terbaik untuk Piala Dunia 2022. Pelatih Timnas Brasil sampai saat ini masih belum mengumumkan daftar pemain yang akan dibawanya ke Piala Dunia 2022. Namun, ada kemungkinan Dani Alves bisa masuk dalam skuad.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jangan Seperti Coutinho

Sesama mantan pemain Barcelona, Philippe Coutinho tengah mengalami masa-masa sulit sejak pindah dari Liverpool ke raksasa Catalunya dan sekarang dia mungkin harus menerima pukulan telak, tidak dibawa Tite dalam skuad Brasil ke Qatar.

Coutinho bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018 jelang Piala Dunia di Rusia, yang menurut sejumlah laporan saat itu bernilai 164 juta euro atau mencapai sekitar Rp2,6 trilliun dari Liverpool.

Musim panas tahun 2022 ini, Coutinho pindah permanen ke Aston Villa dengan mahar cuma 20 juta Euro, jauh lebih murah dibandingkan saat Barcelona mendatangkannya.

Dinukil dari laporan Football Espana da Sport, manajer Brasil Tite telah kehabisan kesabaran dan tidak akan lagi memberi kesempatan kepada Coutinho untuk kembali ke performa terbaiknya. Coutinho sempat kembali ke timnas Brasil pada Maret 2022 setelah lama absen membela Selecao.

Dia juga hadir untuk pertandingan persahabatan melawan Korea Selatan pada bulan Juni 2022. Tetapi penampilan Coutinho belum meyakinkan Tite bahwa dia bisa memberikan sesuatu yang sangat berarti bagi permainan Brasil.

3 dari 5 halaman

Ambisi Brasil

Brasil punya sejarah panjang di dunia sepak bola. Sejauh ini Brasil masih menjadi pemegang trofi terbanyak Piala Dunia. Total, Tim Samba meraih lima gelar Piala Dunia. Tapi trofi terakhir mereka diraih pada Piala Dunia 2002 silam.

Setelah dua dekade berlalu, Brasil punya harapan besar untuk menambah koleksi di lemarinya. Pasalnya, di Piala Dunia Qatar 2022 ini, Brasil menjadi salah satu favorit peraih gelar karena memiliki banyak pemain bintang yang bertebaran di liga-liga besar Eropa.

Dengan modal itu pula, Brasil diyakini akan menjadi tim yang sangat kuat untuk melanjutkan tradisi mereka di ajang terbesar sepak bola empat tahunan ini. Dengan pelatih bertangan dingin yaitu Tite, Brasil diprediksi bisa bersaing menghadapi fase grup Piala Dunia 2022 nanti.

Brasil berada dalam satu grup bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. Lawan-lawan mereka ini yang justru akan menghadapi tantangan berat karena akan menghadapi Tim Samba.

 

4 dari 5 halaman

Prediksi sang Legenda

Legenda sepak bola dunia Ronaldinho memberikan prediksinya terkait calon juara Piala Dunia 2022. Ronaldinho yakin trofi Piala Dunia 2022 akan menjadi milik negaranya. 

Keyakinan eks Barcelona tersebut tak lepas dari target tinggi yang selalu ditetapkan setiap kali mengikuti Piala Dunia.

"Saya percaya Brasil pasti menang (juara)," ucap Ronaldinho. Lebih lanjut, Ronaldinho mengatakan Brasil juga tidak pernah kehabisan pemain-pemain berkualitas.

Tahun ini, Brasil memiliki pemain bintang seperti Neymar, Casemeiro, Gabriel Jesus, Vinicius Jr hingga Fabinho. Kemudian dikolaborasikan dengan pemainsenior seperti Thago Silva.

"Sangat banyak pemain sepak bola bagus. Saya percaya banget (Brasil bisa juara)," ucap Ronaldino yang pernah membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 itu.

Di atas kertas, Tim Samba diprediksi tidak akan kesulitan lolos ke babak 16 besar, tapi belum tentu mudah jika harus menghitung peluang mereka menjadi juara kali ini.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Brasil di Piala Dunia Qatar

Di Piala Dunia 2022, Brasil tergabung di Grup G bersama Serbia, Swiss dan Kamerun. Tim Samba akan menghadapi Serbia di rintangan pertama.

Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

Jumat, 25 November 2022

02.00 WIB Brasil vs Serbia

Senin, 28 November 2022

23.00 WIB Brasil vs Swiss

Sabtu, 3 Desember 2022

02.00 WIB Kamerun vs Brasil

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.