Sukses

Jelang MotoGP Valencia, Marc Marquez Mulai Bisa Main-Main dengan Motor

Marc Marquez senang kondisi fisiknya semakin membaik jelang MotoGP Valencia, tapi...

Liputan6.com, Madrid- Marc Marquez sudah mulai mengancam para rival di MotoGP. Kehadirannya kembali ke sirkuit membuat Marquez, pembalap Repsol Honda ini makin diperhitungkan keberadaannya.

Jelang seri terakhir MotoGP Valencia pada 6 November nanti, Marquez pun bercerita soal kondisi fisiknya. Dia mengaku fisiknya terus membaik dari hari ke hari.

Sejak meraih pole positions di MotoGP Jepang di sirkuit Motegi awal bulan lalu, Marquez terus menunjukkan kejutan. Dia meraih podium di Philip Island dan juga berhasil meraih posisi depan di MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang.

Kondisi ini membuat Marquez nyaris terlihat seperti Marquez yang dulu sebelum kecelakaan di Jerez 2020 lalu. Meski tak podium lagi di Malaysia, tapi Marquez bisa finis di posisi ketujuh.

"Saya sangat senang dengan kondisi fisik saya. Perlahan-lahan, saya merasa tambah baik, perlahan-lahan, saya sudah bisa lebih main-main dengan motor. Selangkah demi selang, saya bisa lebih paham lagi masalah di motor," kata Marquez seperti dikutip crash.

"Ini hal-hal yang tidak bisa saya lakukan pada dua tahun sebelumnya. Saya sangat bahagia soal ini."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Belum Sempurna

 

Meski kondisi fisik membaik, namun Marquez mengaku lengan kanannya belum berfungsi dengan sempurna. Dia mengaku keseimbangan di tubuhnya belum sempurna.

"Saya tak tahu betul soal itu sebelum lihat foto-foto tubuh saya. Namun saya masih belum punya kekuatan yang bagus. Otot belum bekerja dengan baik di lengan kanan," katanya.

"Lengan kanan masih belum sempurna. Musim dingin ini saya akan usahakan bisa pulihkan lengan kanan. Saat mengerem dengan keras, saya ingin menemukan cara agar tubuh saya seimbang."

 

3 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Motor

 

Sebelumnya, Marquez juga memberikan penilaian soal motor Repsol Honda 2022. Sejak cedera di 2020, Honda memang mengubah karakter motor menjadi lebih ngegrip di ban belakang.

Marquez pun langsung merasakan perubahan. "Sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, saya seperti ganti motor," kata Marquez.

"Saya ingin motor pemenang. Namun mungkin motor dengan gaya Marquez, motor gaya lebih tua, tak bisa berfungsi sekarang. Sebelumnya motor itu pendek dan rendah, sekarang motor menjadi besar dan tinggi."

4 dari 5 halaman

Tiru Stoner

Sebelumnya, Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez jalani era yang berbeda dengan Casey Stoner. Meski sama-sama juara dengan Honda, mesin yang dipakai keduanya jelas berbeda.

Meski begitu, Marquez tetap mengagumi Casey Stoner. Ini terungkap saat dia mencontek gaya ngedrift Stoner di sirkuit Phillip Island.

Karena gaya drifting itu, Casey stoner menjadi peraih juara terbanyak di MotoGP Australia. Bersama Ducati dan Honda, Stoner enam kali rebut juara dan bahkan secara beruntun.

Gaya drifting dilakukan Stoner pada tikungan-tikungnan ke kiri. Utamanya di tikungan tiga yang belakangan dinamai dengan nama dirinya.

Marc Marquez mengakui dirinya mencontek gaya membalap Stoner di beberapa tikungan. Ini tetap dilakukannya meski aerodinamika dan downforce atau gaya gravitasi motor terus membaik di MotoGP.

"Saat saya memulai balapan di MotoGP, saya dapatkan data Casey Stoner. Saya contek gayanya dan itulah kekuatan saya, di tikungan seperti Phillip Island juga," kata Marquez seperti dikutip crash.

5 dari 5 halaman

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 4 November 2022

15.55-16.40 WIB: Latihan Bebas 1

20.10-20.55 WIB: Latihan Bebas 2

 

Sabtu, 5 November 2022

15.55-16.40 WIB: Latihan Bebas 3

19.30-20.00 WIB: Latihan Bebas 4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 6 November 2022

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.