Sukses

Argentina Punya Sejarah Besar di Sepak Bola dan Piala Dunia

Dua kali juara Piala Dunia dan melahirkan pemain-pemain legenda dalam sejarah sepak bola

Liputan6.com, Jakarta Argentina adalah salah satu negara sepak bola terbesar di dunia, dan sejarahnya dalam olahraga tercermin dengan baik dalam kemenangan mereka yang paling terkenal, penghargaan, dan para pemain yang dihasilkan oleh negara Amerika Selatan tersebut. Mereka melangkah ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan optimistis. 

Rekor internasional La Albiceleste adalah beberapa yang terbaik di seluruh olahraga, dengan Argentina memenangkan dua Piala Dunia FIFA pada tahun 1978 dan 1986 dan mengklaim rekor bersama 15 gelar Copa America, dan yang terbaru datang pada tahun 2021 ketika Lionel Messi, bisa dibilang pemain terbesar yang pernah bermain mengilhami bangsanya.

Argentina menuju Qatar musim dingin ini dengan mengetahui bahwa Messi akan memainkan Piala Dunia terakhirnya, dan dengan negara Amerika Selatan dalam performa internasional yang luar biasa, ada peluang bagus bahwa pemain berusia 35 tahun itu akhirnya bisa mendapatkan hadiah terbesar sepak bola.

Dapat diakui bahwa sejarah Argentina dalam dunia sepak bola sangat kaya. Mereka punya Diego Maradona yang bukan hanya menjadi legenda sepak bola Argentina tapi juga dunia. Ia dikenang dengan penuh kasih oleh orang-orang dari generasi tertentu sebagai salah satu pemain internasional terbaik.

Tapi melansir dari HITC Football, berikut ini adalah hasil yang terlalu luar biasa besar untuk kemungkinan akan terjadi lagi bagi bangsa pasca-Messi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Kemenangan Terbesar Argentina

Sejarah Argentina dengan sepak bola berakar pada awal dari versi modern permainan, dengan negara Amerika Selatan menjadi tuan rumah pertandingan profesional pertama di benua itu serta kontes internasional pertama, yang berlangsung pada tahun 1902 melawan Uruguay dengan kemenangan 6-0.

Sejak awal pengenalan sepak bola ke Amerika Selatan, Argentina dan Uruguay adalah dua kekuatan olahraga, dengan La Celeste memenangkan Emas Olimpiade pada tahun 1924 dan 1928, peristiwa yang dilihat banyak orang sebagai pendahulu dari Piala Dunia yang sebenarny. Dan tidak mengherankan bahwa kedua negara ini adalah yang pertama kali bertemu di final pada tahun 1930.

Sementara Argentina mungkin kehilangan kesempatan itu, La Albiceleste akan mendapatkan kemenangan terbesar mereka 12 tahun kemudian di kejuaraan Amerika Selatan 1942, ketika lima gol menginspirasi Jose Moreno dan empat gol dari Herminio Masantonio membuat Ekuador kalah 12-0.

Hasil ini tidak hanya masih bertahan sebagai kemenangan terbesar Argentina di panggung internasional, tetapi juga tetap menjadi kemenangan terbesar yang pernah diklaim oleh negara Amerika Selatan mana pun, dengan raksasa Brasil dan Uruguay bahkan tidak mendekati rekor yang dibuat 80 tahun lalu.

3 dari 5 halaman

Argentina di Piala Dunia

Argentina adalah salah satu negara paling sukses dalam sejarah Piala Dunia FIFA, dengan kekuatan Amerika Selatan memenangkan kompetisi dua kali dalam sejarah mereka dan menyelesaikan runner-up rekor bersama tiga kali.

Meski sudah 36 tahun sejak kesuksesan terakhir Argentina di kompetisi ini, La Albiceleste selalu menjadi favorit juara Piala Dunia di hampir setiap edisi turnamen sejak kemenangan pertama mereka pada 1978. Tak terkecuali tahun ini.

Dengan Qatar kemungkinan akan menjadi Piala Dunia terakhir Lionel Messi, banyak yang berharap bahwa pemain terhebat yang pernah ada di olahraga ini dapat mengakhiri karir internasionalnya di puncak tertinggi dengan akhirnya memenangkan hadiah terbesar permainan bersama Argentina.

4 dari 5 halaman

1978

Argentina telah beberapa kali mendekati kesuksesan Piala Dunia sebelum mereka akhirnya menjadi tuan rumah kompetisi tersebut pada tahun 1978. Tim Amerika Selatan itu memperebutkan final pertama kalinya pada tahun 1930 ketika Uruguay menang 4-2 di Montevideo sebelum mencapai perempat final pada tahun 1966 dan penyisihan grup kedua pada tahun 1970.

Dengan Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1978, harapan selalu tinggi untuk La Albiceleste untuk akhirnya mengklaim hadiah terbesar sepak bola. Dan mereka pun meraih kemenangan, dengan Mario Kempes bercita-cita menjadi tuan rumah untuk menang 3-1 melawan Belanda.

Meskipun, ada yang mengatakan kemenangan mereka kontroversial, tapi itu adalah pernyataan yang sedikit meremehkan.

5 dari 5 halaman

1986

Piala Dunia 1986 dikenang dengan penuh kasih oleh orang-orang dari generasi tertentu sebagai salah satu kompetisi internasional terbaik yang pernah ada, dan itu sebagian besar karena satu orang, Diego Maradona.

Legenda Argentina hanyalah salah satu olahragawan paling terkenal yang pernah hidup, dan Piala Dunia 1986 di Meksiko adalah magnum opus playmaker, dengan Maradona mencuri perhatian dan membimbing Argentina untuk bisa dibilang kemenangan paling terkenal mereka dalam kompetisi.

Penampilan Maradona melawan Inggris masih dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan paling kontroversial di semua sepak bola, dengan gelandang serang mencetak gol dengan tangannya 51 menit sebelum mencetak gol terbesar yang pernah dilihat olahraga ini untuk menjadikannya 2-0 saat Gary Lineker dan rekan-rekannya kalah 2-1.

Performa yang sama briliannya dari Maradona melawan Belgia di semi-final membukukan tiket Argentina ke final, di mana mereka mengalahkan Jerman Barat 3-2 untuk memenangkan Piala Dunia untuk yang kedua, dan sejauh ini, waktu terakhir dalam sejarah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.