Sukses

Dihadiri Menteri PUPR, Shell Eco-Marathon 2022 Resmi Dibuka

Ajang Shell Eco-Marathon 2022 resmi dibuka di Sirkuit Mandalika pada Kamis (13/10/2022) dengan dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Liputan6.com, Mataram - Ajang Shell Eco-Marathon 2022 resmi dibuka di Sirkuit Mandalika, Kamis (13/10/2022). Acara pembukaan dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Basuki menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Shell Eco-Marathon. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Tanah Air berkesempatan menghelat kompetisi inovasi energi mesin kendaraan.

"Saya hanya ingin bilang bahwa saya sangat bangga karena Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Shell Eco-Marathon 2022," ujar Menteri PUPR saat memberi sambutan pembuka pada Kamis (13/10/2022) sore waktu setempat.

Basuki menilai Shell Eco-Marathon adalah kompetisi yang menantang mahasiswa untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait otomotif. Oleh karena itu, pihaknya berharap para peserta dapat terus belajar dan bereksplorasi melalui ajang tersebut.

“Shell Eco-Marathon menantang mahasiswa Indonesia untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rancang bangun teknologi otomotif, sehingga mampu bersaing dengan tim terbaik lainnya di kawasan Asia dan menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Maju."

"Intinya, jangan pernah berhenti belajar dan melakukan eksplorasi teknologi agar tetap up-to-date, karena teknologi sangat cepat berubah. Kolaborasi dengan perusahaan seperti Shell sangat bermanfaat bagi generasi muda kita untuk mengeksplorasi solusi hemat energi di sektor otomotif," katanya, seperti dilansir dari rilis resmi Shell.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negara Peserta

Sebagai informasi, Shell Eco-Marathon 2022 sejatinya sudah dimulai sejak 11 Oktober. Acara ini didahalui dengan technical inspection bagi tim-tim peserta, lalu dilanjutkan ke kompetisi pada 14-15 Oktober mendatang.

Sebanyak lebih dari 40 tim akan unjuk kebolehan dalam ajang tersebut. Mereka merupakan perwakilan dari sembilan negara, yakni Indonesia, India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

3 dari 4 halaman

Kategori Pertandingan

Ada dua kategori perlombaan dalam Shell Eco-Marathon 2022. Kedua kategori yang dimaksud ialah Urban Concept dan Prototype.

Seperti namanya, Urban Concept merupakan kategori yang mengharuskan peserta untuk mendesain kendaraan konvensional roda empat hemat energi, sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat di daerah perkotaan.

Sementara itu, Prototype bersifat lebih futuristik. Kategori ini mendorong tiap-tiap tim untuk memaksimalkan efisiensi sumber energi dengan memerhatikan aspek serta elemen inovatif dalam desain kendaraan.

Terdapat pula berbagai pilihan jenis sumber energi yang digunakan peserta dalam ajang Shell Eco-Marathon 2022.

Yang pertama ialah bahan bakar mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE), serta kategori mobilitas listrik dengan bahan bakar berupa baterai atau hidrogen.

4 dari 4 halaman

Tentang Shell Eco-Marathon

Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi lomba inovasi energi mesin kendaraan. Ajang ini menantang anak muda di seluruh dunia untuk bekerja sama mengeksplorasi solusi transportasi serta tantangan energi masa kini

Secara resmi Shell Eco-Marathon perdana dihelat di Prancis pada 1985. Kompetisi tersebut selanjutnya diselenggarakan secara konsisten tiap tahun di berbagai benua, mulai dari Benua Asia, Amerika, hingga Eropa.

Ajang Shell Eco-Marathon pertama kali menyambangi Asia pada 2010. Kala itu, perlombaan berlangsung di Malaysia. Perhelatan ini sempat berlangsung online akibat pandemi. Namun sekarang, Shell Eco-Marathon kembali dilaksanakan secara offline di Sirkuit Mandalika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.