Sukses

Akomodasi Piala Dunia Qatar Gila-Gilaan, Tidur di Lokasi Semi Gurun Saja Dibandrol Rp1,2 Juta Per Malam

Tak ada yang murah di Qatar, bahkan Anda harus mengeluarkan Rp 1,2 juta untuk tidur per malam di semi-gurun.

Liputan6.com, Jakarta Dengan paket pertandingan mewah yang dijual seharga ribuan dolar dan hotel bintang lima, kemilau motel glamor Piala Dunia 2022 Qatar tak mungkin disentuh para penggemar dari kalangan pekerja.

Kegemaran akan kemewahan di negara Teluk yang kaya energi dan salah satu pemilik PDB per kepala tertinggi di dunia, maka pengunjung biasa tak akan bisa merasakan fasilitas super tersebut.

Jika Anda dapat mengeluarkan USD4.950 (Rp 76 juta) untuk tiket VIP pertandingan, Anda dapat menikmati minuman, enam hidangan, dan hiburan di lounge yang menghadap ke garis tengah di Stadion Lusail.

Salah satu situs pihak ketiga telah merilis kamar hotel seharga USD4.000 (Rp 61 juta) per malam. Ada juga tawaran USD26.000 (Rp 399 juta) untuk suite "kepala negara" - dengan masa inap minimal 30 malam.

Nah, bagi yang berkantong pas-pasan tak perlu khawatir. Pilihan yang lebih murah juga ada. Salah satunya, kamar domitori semi-gurun dekat ibu kota dengan harga USD84 (Rp 1,2 juta) per malam. Selain itu, akomodasi di kapal pesiar sehargadari USD179 (Rp 2,7 juta) hingga USD800 (Rp 12,2 juta).

Mereka juga dapat berkerumun di stadion, sama seperti buruh migran Qatar. Mereka biasanya ditawari beberapa tiket seharga USD11 (Rp 169.000) untuk menonton.

Menurut Ronan Evain, direktur eksekutif Football Supporters Europe, tanggung jawab atas pengalaman "premium" telah membuat beberapa penggemar tak mampu menggapainya.

"Jelas bahwa ada fokus pada jenis pariwisata premium, tetapi sebagian besar yang pergi ke Piala Dunia adalah kelas menengah," kata Evain kepada AFP.

"Mereka bukan tipe orang yang mampu bertahan di kapal pesiar dengan biaya USD5.000 (Rp 76,7 juta) per minggu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Merasakan Piala Dunia

Gerombolan penggemar tanpa tiket yang biasanya datang ke Piala Dunia diperkirakan akan berkurang jumlahnya. Pasalnya, hanya pemegang tiket dan maksimal tiga tamu yang dapat memasuki Qatar selama turnamen 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Banyak pendukung akan tinggal di tempat lain di Kawasan Teluk dan naik sekitar 100 hingga 200 penerbangan antar-jemput sehari dari Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Kuwait, dan Oman.

Bahkan, pilihan itu sejatinya tidak murah.

Di Dubai, satu jam penerbangan dan diharapkan menjadi tujuan utama, paket resmi Piala Dunia berharga USD1.500 (Rp 23 juta) untuk empat malam di kamar bersama, termasuk satu penerbangan pulang-pergi ke Doha, tetapi tidak ada tiket pertandingan.

Namun, Piala Dunia di Qatar setidaknya kompak, di mana delapan stadion terletak di dalam dan sekitar Doha - menghapus perjalanan lintas negara yang diperlukan pada edisi sebelumnya seperti Brasil 2014 atau Rusia 2018.

"Masalah dengan Piala Dunia di Qatar adalah sangat sedikit alternatif yang ada," kata Evain.

"Di Piala Dunia di Brasil atau Rusia, Anda bisa naik kereta, menyewa mobil, tinggal 200 km jauhnya atau datang hanya untuk hari pertandingan.”

“Tidak ada yang mungkin di Qatar. Entah Anda tidak dapat menemukan akomodasi atau akomodasi yang terlalu mahal," tambahnya.

"Orang-orang mencari solusi dan untuk beberapa orang solusinya adalah membatalkan, karena mereka tidak mampu membayar anggaran semacam ini."

3 dari 3 halaman

Ketika Target Wisatawan Berduit yang Menjadi Prioritas

Namun, Sue Holt, direktur eksekutif Expat Sport, agen UEA untuk penyedia paket resmi Piala Dunia, mengatakan ada berbagai akomodasi "yang sesuai dengan sebagian besar anggaran".

Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Meksiko, China, dan India termasuk di antara negara-negara di mana para penggemar menunjukkan minat paling besar pada paket-paket via UEA.

"Wisatawan olahraga umumnya cenderung lebih tua dan bepergian dalam kelompok, yang dapat berupa keluarga, teman, atau kelompok olahraga," katanya.

"Bagian dari daya tarik dari jenis perjalanan ini adalah bahwa ini adalah pengalaman bersama yang kolektif menonton tim atau pemain favorit Anda bersama-sama."

“Pendukung ini termasuk orang-orang yang belum pernah berkelana ke wilayah ini sebelumnya," tambah Holt.

Menurut Robert Mogielnicki, cendekiawan senior di Institut Negara Teluk Arab di Washington, menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah tentang "prestise" bagi Qatar, sebuah monarki yang hanya berpenduduk 2,8 juta orang, dan sebagian besar adalah pekerja asing.

"Apa yang tidak diinginkan Qatar terjadi adalah terjebak dengan kelebihan pasokan infrastruktur pariwisata, terutama untuk segmen wisatawan yang tidak mungkin menjadi kehadiran reguler dan konsisten di negara ini," katanya, menjelaskan pilihan terbatas.

"Saya menduga bahwa Qatar akan terus berupaya menarik wisatawan kaya dari kalangan elit," tambah Mogielnicki, yang juga asisten profesor di Universitas Georgetown dan Universitas George Washington.

"Banyak momentum di balik proyek pariwisata daerah, terutama khususnya di Arab Saudi. Mereka tampaknya berfokus pada pengalaman mewah akhir-akhir ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.