Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Swiss di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Swiss kembali lolos ke Piala Dunia 2022, usai tampil meyakinkan selama di babak kualifikasi zona Eropa. Langkah Swiss ke putaran final Piala Dunia di Qatar, tentu tidak mudah karena mereka berada satu grup dengan tim juara Euro 2020, Italia.

Swiss akan tampil di putaran final Piala Dunia untuk ke-12 kalinya, atau yang kelima beruntun. Tim berjulukan Nati ini pertama kali ikut di Piala Dunia pada 1934, ketika mereka berhasil mencapai perempat final.

Perjuangan Swiss di Piala Dunia Qatar dimulai dari Grup C yang dihuni Italia, Irlandia, Bulgaria dan Lithuania. Puncak pertandingannya saat berjumpa tim juara Euro 2022, Italia. Swiss mampu menahan imbang Italia 1-1 pada bulan November tahun lalu.

Pertandingan terakhirnya, Xherdan Shaqiri dan kolega berhasil bungkam Bulgaria dengan skor 4-0 di Swissporarena Stadium, pada Rabu (16/11/2021) dini hari WIB.

Gol tercipta dari sundulan Noah Okafor menerima bola crossing Xherdan Shaqiri menit ke-48. Swiss berhasil menggandakan keunggulan 2-0 melalui Ruben Vargaz (57’), serta gol susulan melalui Renato Steffen (57’), dan Remo Freuler di penghujung laga. Kemenangan ini mengantarkan Swiss lolos ke Piala Dunia 2022.

Penampilan Swiss sangat menjanjikan sepanjang kualifikasi. Mereka tanpa menelan kekalahan sehingga menyandang juara grup C dengan torehan 18 poin dari delapan laga. Swiss total mencatatkan lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

Edisi Piala Dunia 2022 ini, tim besutan Murat Yakin ini tergabung dalam Grup G bersama pemegang gelar juara Piala Dunia terbanyak, Brasil, serta juga ada Serbia dan Kamerun.

Brasil selalu menjadi tim favorit juara di Piala Dunia. Sementara itu, Serbia dan Kamerun memiliki potensi untuk membuat kejutan serta menjadi tim kuda hitam, seperti halnya Swiss.

Soal persaingan di Grup G Piala Dunia 2022, pelatih Swiss, Murat Yakin mengatakan bahwa grup tersebut bakal menjadi grup yang menantang.

"Grup itu adalah tantangan besar. Ada tim-tim hebat, negara-negara hebat, dan pemain-pemain hebat," kata pelatih Swiss, Murat Yakin, menyoroti hasil undian Piala Dunia 2022, dilansir  dari situs resmi FIFA.

 "Kami tahu Brasil dan Serbia dari Piala Dunia 2018 dan kami tidak akan memberikan kemudahan bagi mereka. Kamerun juga memiliki tim yang menarik," ujar Murat itu menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemain Andalan

1. Haris Seferovic sebagai pemain kunci di balik keberhasilan Swiss melaju hingga perempat final Euro 2020 tahun lalu.

Pada turnamen ini, Seferovic berhasil mengemas tiga gol, dua di antaranya ia cetak ke gawang Prancis pada laga babak 16 besar. Seferovic yang musim lalu menjalani periode peminjaman di Galatasaray dari Benfica juga merupakan pemain berpengalaman di skuad Rossocrociati, julukan timnas Swiss. Hingga saat ini, penyerang berusia 30 tahun itu telah tampil pada 86 pertandingan internasional dan mencetak 25 gol.

2. Xherdan Shaqiri, masih menjadi magnet di timnas Swiss. Mantan pemain Bayern Munchen, Inter Milan, Liverpool ini menjadi pemain kedua dengan nilai terbaik sepanjang kualifikasi, di bawah Embolo. Meski saat ini bermain di luar 5 liga top Eropa, Shaqiri memperkuat tim MLS Chicago Fire, ia masih mendapat kepercayaan pelatih untuk memimpin para pemain muda Swiss.  

Sepanjang babak penyisihan Piala Dunia, pemain 30 tahun itu mencetak satu gol dan 4 assist dari 6 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta RiKa, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kamis, 24 November 2022

17.00 WIB: Swiss vs Kamerun di Al Wakrah Stadium

Senin, 28 November 2022

23.00 WIB: Swiss vs Brasil di Stadium 974

Sabtu, 3 Desember 2022

02.00 WIB: Swiss vs Serbia di Stadium 974

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS