Sukses

Gara-Gara Cetak Gol ke Gawang MU, Pemain ini Langsung Menatap Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Brentford kelahiran Prancis, Bryan Mbeumo berharap dirinya dapat dipanggil timnas Kamerun untuk bermain di Piala Dunia Qatar 2022. Mbeumo memang menjadi buah bibir bersama rekan setimnya Ivan Toney yang terlebih dahulu dipanggil ke Timnas Inggris. 

Dia dipanggil untuk dua pertandingan Liga Bangsa-Bangsa (Nations League) melawan Italia dan Jerman. Panggilan ke skuad Inggris yang hanya dua bulan sebelum Piala Dunia 2022 digelar, dianggapnya sebagai pencapaian besar karena sebelumnya ia tak pernah bermain di kelompok usia lain.

Ingin mengikuti jejak rekan satu timnya, Mbeumo mencoba peruntungan untuk beralih kewarganegaraan ke Kamerun agar dapat tampil di Piala Dunia seperti yang dikutip dari Reuters, Rabu (21/9/2022). Hingga akhirnya dia mendapat panggilan tersebut seperti yang dilansir dari laman resmi klub.

Ya, dia menjadi salah satu mimpi buruk serta  menjadi bahas pembicaraan setelah sempat mencetak satu gol ke gawang Manchester United di lanjutan Liga Inggris pekan ke-dua.

Saat itu, bermula darisebuah serangan balik cepat pasukan yang diasuh Thomas Frank ini membuat Ivan Toney memberi umpan kepada Bryan Mbuemo yang diselesaikan dengan baik yang membuat Brentford menang besar 4-0 atas MU.

Dia dipanggil Rigobert Song untuk menjalani pertandingan uji coba bersama Kamerun sebelum dimulainya Piala Dunia 2022 di Qatar nantinya. 

Pada Piala Dunia 2022 kali ini, Kamerun berada di Grup G bersama Brasil, Serbia dan Swiss. Di atas kertas, mereka mungkin diremehkan, tapi Vincent Aboubakar dan kolega pasti akan membuat kejutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Drama Kamerun Lolos Piala Dunia

Kamerun lolos ke Piala Dunia 2022 dengan cara yang sangat dramatis. Lewat babak adu penalti, tim asuhan Rigobert Song tersebut menang dengan skor tipis 2-1 atas Aljazair.

Meski bermain di depan puluhan ribu publik Aljazair, Kamerun mampu mencuri gol lewat Eric Maxim Choupo-Moting di menit ke-22 sebelum digandakan oleh Karl Toko Ekambi.

Kamerun berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2022 setelah menang agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2. Keberhasilan ini sekaligus membayar kegagalan Kamerun ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, Tim beralias Singa Perkasa itu ternyata tidak segagah julukannya karena sudah terlempar dari persaingan menuju Piala Dunia 2018.

Pertanyaan, sekarang apakah Kamerun bisa menjadi "Kuda Hitam" di negeri padang gurun seperti Qatar? atau hanya menjadi pelengkap saja. Tunggu November nanti.

3 dari 4 halaman

Prestasi Kamerun di Piala Dunia

Ini akan menjadi penampilan kedelapan Kamerun di Piala Dunia. Mereka melakukan debut pada tahun 1982 tetapi kalah dalam tiga pertandingan saat Spanyol menjadi tuan rumah ketika itu. 

Delapan tahun kemudian, mereka tampil mengejutkan saat Piala Dunia Italia, mereka mengalahkan Argentina di pertandingan pembukaan dan melaju ke perempat final.

Akan tetapi, Kamerun harus meratapi nasib karena harus absen di Piala Dunia 2018 tetapi terlibat dalam dua edisi sebelumnya. Tapi, mereka juga tidak dapat berbuat banyak di saat Piala Dunia 2010 dan 2014, karena harus tersingkir lebih cepat di fase grup.

4 dari 4 halaman

Jadwal Piala Dunia 2022

Di Qatar nanti, Kamerun menempati Grup G bersama Brasil, Serbia dan Swiss.

Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

Kamis, 24 November 2022

Swiss vs Kamerun: 17:00 WIB 

Senin, 28 November 2022

Kamerun vs Serbia: 17:00 WIB

Sabtu, 3 Desember 2022

Kamerun vs Brasil: 02:00 WIB

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS