Sukses

Kenali Sejarah, Tujuan, dan Peraturan Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia terutama di Indonesia. Dari kalangan muda hingga tua, laki-laki maupun perempuan berbondong-bondong menonton tim kesayangannya. Tidak heran setiap pertandingan sepak bola ditonton oleh  begitu banyak orang, baik di lapangan secara langsung, maupun di rumah melalui layar kaca.

Tentu siapa yang tak mengenal Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kedua bintang sepak bola yang telah mencatatkan berbagai rekor di dunia sepak bola. Mereka juga dikenal sebagai pemain terbaik yang saling bersaing mencatatkan berbagai prestasi. Kedua pemain sepak bola paling terkenal di dunia yang merupakan contoh betapa besarnya olahraga satu ini.

Sepak bola adalah olahraga yang bukan sekadar kompetisi lagi, namun juga ajang saling mempererat hubungan antarnegara di dunia.

Olahraga sepak bola berada di bawah naungan FIFA (Federation Internationale de Football Association) sebagai induk organisasi internasional sepak bola. Sedangkan di Indonesa berada dinaungan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sebagai organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola sepak bola asosiasi di Indonesia.

Dilansir dari buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dari penulis Sudrajat Wiradihardja, permainan sepak bola didefinisikan sebagai permainan yang tujuannya untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri dari kemasukan bola.

Tentu tak akan sulit menemukan orang-orang bermain bola ataupun para fans fanatik tim sepak bola di seluruh belahan dunia. Permainan yang dilakukan kedua tim di lapangan hingga sorakan para penonton sudah menjadi nyawa olahraga beregu ini.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dapat dinikmati berbagai kalangan, baik sebagai pemain profesional maupun penonton itu sendiri. Dari pertandingan resmi yang disaksikan banyak penonton di stadion, hingga permainan sepak bola anak-anak di gang-gang kompleks adalah bukti betapa besarnya olahraga satu ini.

Terdapat sejarah, tujuan, dan peraturan dasar dalam permainan sepak bola yang wajib kamu ketahui.

Simak penjelasan lengkapnya pada halaman berikut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sejarah Sepak Bola

Setelah mengetahui pengertian sepak bola diatas, jadi bagaimana asal mula atau sejarah sepak bola hingga populer saat ini?

Dilansir dari Football History, kehadiran Permainan sepak bola terjadi di China sekitar abad ke-3 dan 2 sebelum masehi di masa Dinasti Han, dengan nama permainan Cuju. Dimana Cuju dimainkan dengan bentuk bola bundar di atas bidang tanah persegi serta menggiring bola lalu menendangnya ke jaring kecil.

Namun, sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan.

Meskipun sepakbola menjadi fenomena yang digandrungi dari Inggris, olahraga ini perlahan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Sehingga pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk. Setelah itu pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara. Olahraga sepak bola ini awalnya dimasukkan sebagai olahraga resmi dalam olimpiade pada tahun 1908.

Setelah itu, kompetisi Piala Dunia atau World Cup pertama kali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay, sehingga membuat sepak bola semakin populer di dunia internasional. Kemudian pada tahun 1996, sepak bola wanita ditambahkan untuk pertama kalinya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola yang utama adalah memasukkan bola ke dalam gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukkan gol.

Dilansir dari laman rulesofsport.com, tujuan permainan sepak bola yang utama adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada tim lawan. Tujuan permainan sepak bola yang utama ini adalah paling tidak memasukkan bola ke dalam gawang lawan selama 90 menit waktu bermain.

Untuk bisa mencapai tujuan permainan sepak bola yang utama tersebut, seluruh bola harus melewati garis gawang agar bisa menjadi gol yang sah. Tujuan permainan sepak bola yang utama ini dicapai dengan memasukkan bola pakai bagian tubuh mana pun selain dari tangan atau lengan hingga ke bahu.

Selain itu, tujuan permainan sepak bola yang utama lain adalah mencegah tim lawan memasukkan bola. Maksud dari tujuan permainan sepak bola yang utama ini adalah mencegah lawan mencetak gol ke gawang tim selama 90 menit waktu bermain.

4 dari 4 halaman

Peraturan Dasar Permainan Sepak Bola

Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Meski begitu, masih ada teknik lain yang menunjang keberhasilan dalam permainan ini. Menendang menjadi teknik utama yang digunakan kedua tim saling berebut bola. Hingga pada akhirnya salah satu tim mencetak gol di gawang lawan sebagai tanda kemenangannya.

Ini penjelasan teknik dasar permainan sepak bola dan cara melakukannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Menendang (kicking): mengumpan dan menembak ke arah gawang.

2. Menggiring (dribbling): mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, menghambat permainan.

3. Mengontrol/Menghentikan Bola (stoping): menghalau bola yang terlalu kuat ditendang.

4. Menyundul (heading): menerima umpan bola yang melayang dari atas.

5. Merampas (tacling): mengambil atau merampas bola dari lawan.

6. Lemparan Kedalam (trow – in): melempar kedalam ketika bola keluar lapangan.

7. Menjaga Gawang (Goal Keeping): mempertahankan gawang agar tidak kemasukan.

 

Lalu bagaimana bentuk latihan yang bisa dilakukan?

- Kaki Dalam

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90º dengan kaki tumpu.

5. Bagian kaki yang kontak dengan bola adalah pergelangan kaki (engkel) bagian dalam.

6. Bola disepak tepat pada titik nya.

 

- Kaki Luar

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Jari-jari kaki menghadap ke depan dengan lutut sedikit ditekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.

5. Ayunkan kaki belakang ke depan mengenai bola dengan arah menyilang kaki tumpu.

6. Perkenaan pada kaki bagian luar.

7. Sumber pergerakkan pada pangkal paha.

 

- Punggung Kaki

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah sehingga punggung kaki menghadap ke bola.

5. Selanjutnya lutut ditekuk dalam-dalam sehingga berada di atas bola.

6. Sumber gerakan pada pangkal paha.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS