Sukses

Berapakah Lama Permainan Bola Basket?

Bola basket adalah cabang olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bola basket termasuk ke dalam permainan bola besar.

Liputan6.com, Jakarta - Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara berkelompok, terdiri dari 2 tim dan masing-masing beranggotakan 5 orang.

Kiprah basket di Indonesia, diawali pada tahun 1958, dimana timnas berhasil menampilkan diri pada Asia Games III di Tokyo. Kala itu, timnas basket Indonesia dilatih oleh J.C Aultman asal Amerika Serikat.

Induk organisasi bola basket Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI). Dilansir melalui laman resmi perbasi, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) adalah satu-satunya badan kegiatan olahraga bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.

Di samping itu, bola basket dunia memiliki induk organsasi bola basket tingkat internasional yakni Federation Internationale de Basketball (FIBA). FIBA resmi didirikan pada 18 Juni 1932 di Jenewa, Swiss.

Permainan bola basket tentu saja memiliki aturan berlaku yang telah ditetapkan, seperti durasi permainan dan waktu istirahat.

Apakah kamu tahu, durasi permainan bola basket tergantung pada tingkat kompetisinya?

Dalam permainan bola basket, aturan dari FIBA menjadi acuan dalam segala pertandingan basket. Namun, ternyata durasi permainan tetap diatur berdasarkan kompetisinya.

Adapun perbedaan durasi permainan bola basket, mulai dari Federasi Basket Internasional (FIBA), National Collegiate Athletic Association (NCAA) dan National Basketball Association (NBA).  

Durasi permainan bola basket menurut aturan FIBA adalah 4x10 menit. Permainan dibagi ke dalam 4 kuarter dengan jeda 2 menit pada setiap pergantian kuarter.

Sedangkan, untuk NCAA durasi permainan bola basket adalah 2x20 menit. Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi di Amerika Serikat yang diikuti oleh mahasiswa berbakat.

NBA adalah liga kompetisi bola basket untuk pria di Amerika Serikat. Durasi permainan bola basket berdasarkan aturan NBA adalah 4x12 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Istirahat

Setelah mengetahui lamanya durasi permainan bola basket menurut FIBA adalah 4x10 menit. Kamu perlu memahami bahwa permainan bola bakset menurut FIBA dibagi menjadi 4 kuarter.

Dalam setiap pergantian kuarter itulah pemain diberikan waktu untuk istirahat. Lama waktu istirahat permainan bola basket antara kuarter 1 ke 2, dan kuarter 3 ke 4 diberi durasi waktu istirahat selama 2 menit.

Berbeda dengan FIBA, kompetisi NBA memiliki durasi permainannya sendiri yaitu 4x12 menit. Dengan total permainan 48 menit, NBA membaginya menjadi 4 kuarter.

Dimana waktu istirahat dalam permainan bola basket menurut NBA akan diberikan di antara kuarter 1 dan kuarter 2 pada babak pertama, serta kuarter 3 dan kuarter 4 untuk babak kedua.

Berdasarkan ketentuan tersebut, NBA menetapkan waktu istirahat dalam permainan bola basket ini akan diberi jeda selama 130 detik.

3 dari 4 halaman

Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Seorang pebasket handal harus memahami gerak spesifik yang ada pada permainan bola basket, barulah ia bisa menerapkan teknik-teknik yang ada.

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII, gerak spesifik pada permainan bola basket mencakup memegang bola, melempar, menggiring, menangkap, menembak, dan rebound.

Memegang Bola

Cara memegang bola dalam permainan bola basket adalah langkah awal yang perlu dikuasi oleh pebasket. Memegang bola dengan baik dapat memudahkan pemain untuk mengarahkan bola ke arah sasaran yang dituju.

Melempar Bola

Dalam permainan bola basket, gerak spesifik selanjutnya adalah melempar bola. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni melempar bola dari atas kepala (overhead pass), melempar bola dari depan dada (chest pass) dan melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass).

Menggiring Bola

Menggiring bola basket adalah cara pemain untuk mengarahkan bola ke depan dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan menggunakan satu tangan sembari berjalan atau berlari.

Menggiring bola basket atau dribbling berguna untuk melindungi bola agar bola basket tidak mudah direbut oleh lawan.

 

 

4 dari 4 halaman

Gerakan Penting Dalam Permainan Bola Basket

Menangkap Bola

Menangkap bola dalam permainan bola basket adalah cara pemain untuk melindungi bola dari kejaran lawan. Aktivitas ini dilakukan dengan cara mengoper bola basket ke rekan setim dan kemudian bola ditangkap oleh pemain lain dalam satu tim tersebut.

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, menangkap bola terdiri dari dua macam cara, yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.

Menembak Bola

Menebak bola ke arah ring dalam permainan bola basket biasa disebut shooting. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan beberapa gerakan menembak.

Gerak spesifik satu ini cukuplah penting dalam permainan bola basket. Hal ini dikarenakan tujuan utama permainan bola basket adalah memasukan bola ke keranjang (ring) sebanyak mungkin.

Berbeda dengan shooting, tembakan bola dalam permainan bola basket disebut dengan lay up. Tembakan bola adalah gerakan melompat ke atas mendekati ring basket yang didahului dengan gerakan dua langkah kaki.

Rebound

Gerak spesifik selanjutnya adalah rebound. Gerakan ini memanfaatkan hasil pantulan bola yang gagal masuk ke ring. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, pemain yang melakukan rebound umumnya adalah mereka yang berada di posisi tengah dekat dengan ring dan ia memiliki tinggi badan lebih dari pemain lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.