Sukses

Berawal dari PON Perdana, Ini Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 9 September. Perayaan tersebut rupanya berakar dari penyelenggaraan PON I Surakarta. Simak penjelasan lengkap mengenai sejarah Haornas melalui artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional alias Haornas tiap 9 September. Perayaan tersebut ditetapkan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Dilansir dari situs resmi Diaspora Sumatra Utara, Haornas bertujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas di Tanah Air. Peringatan ini juga menjadi wujud kepedulian pemerintah terhadap pentingnya pendidikan olahraga bagi masyarakat.

Jika merujuk pada sejarahnya, Haornas berakar dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9–12 September 1948. Pembukaan PON kala itu jatuh pada 9 September 1948, sehingga kemudian ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional.

PON Surakarta sendiri merupakan kompetisi pengganti bagi atlet-atlet Merah Putih yang tidak bisa mengikuti ajang olahraga akbar Olimpiade XIV 1948 di London, Inggris.

Sekadar informasi, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia pada tahun tersebut belum mendapat pengakuan dari negara-negara lain dunia. Akibatnya, paspor milik warga Tanah Air pun tak diterima oleh Pemerintah Inggris.

Atlet-atlet Indonesia sebenarnya bisa saja berpartisipasi dalam Olimpiade London 1948, asalkan mereka mau menggunakan paspor Belanda. Kendati demikian, hal itu ditolak oleh wakil Tanah Air. Mereka hanya mau hadir sebagai perwakilan Indonesia.

Peristiwa tersebut lantas membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) tergerak menyelenggarakan ajang dalam negeri. Pekan Olahraga Nasional (PON) pun diadakan sebagai bukti Indonesia sanggup menggelar kompetisi olahraga berskala nasional.

PON I 1948 mendapat sambutan antusias dari atlet-atlet Indonesia. Sebanyak 600 peserta turun berlaga dalam sembilan cabang olahraga untuk memperebutkan total 108 medali.

Tak hanya menjadi wadah bagi atlet Tanah Air unjuk kebolehan, PON perdana akhirnya juga menginisiasi peringatan Hari Olahraga Nasional di Indonesia yang rutin dirayakan saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Perayaan Haornas

Menurut unggahan di Instaram resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Hari Olahraga Nasional 2022 mengusung tema “Bersama Cetak Juara”. Acara puncak peringatan Haornas akan diadakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (9/9/2022) pukul 19.00 WIB.

Perayaan Haornas bakal diwarnai atraksi 14 cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Atraksi tersebut diperagakan oleh atlet-atlet muda Kalimantan Timur dan diiringi pesan semangat untuk meraih prestasi tertinggi di pentas olahraga dunia.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengungkap pemilihan atlet-atlet muda dalam acara peringatan Haornas tahun ini merepresentasikan mereka yang nantinya akan memeriahkan prestasi olahraga Tanah Air di masa mendatang.

“Kita melibatkan atlet muda dari cabang olahraga DBON untuk mengisi acara perayaan Haornas 2022 ini karena mereka semualah yang akan mengisi puncak prestasi olahraga Indonesia ke depannya,” ujar Raden dalam persiapan Haornas 2022 pada Kamis (8/9/2022), seperti dilansir dari Liputan6.com.

Di samping atraksi, perayaan Hari Olahraga Nasional 2022 juga akan dimeriahkan oleh upacara pemberian penghargaan Haornas secara simbolis bagi para pelaku olahraga berprestasi, yang terdiri dari sejumlah kategori.

3 dari 4 halaman

Dihadiri Wakil Presiden

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dilaporkan bakal turut hadir dalam acara puncak peringatan Haornas di Stadion Batakan, Kalimantan Timur.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku penyelenggara Haornas terus berupaya mempersiapkan perayaan tersebut. Gladi kotor bahkan telah digelar pada Rabu (7/9/2022) lalu di stadion megah berkapasitas 40 ribu penonton.

Persiapan matang diperlukan lantaran Haornas 2022 tidak hanya dihadiri oleh Wakil Presiden dan stakeholder olahraga Indonesia, tetapi juga puluhan ribu masyarakat. Adapun Haornas tahun ini memang tampil sedikit berbeda dibanding edisi 2020 dan 2021, yang sempat dirayakan terbatas akibat pandemi COVID-19.

4 dari 4 halaman

Twibbon Haornas

Untuk menambah semarak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini, Anda dapat menggunakan twibbon alias bingkai spesial Haornas pada foto profil media sosial atau aplikasi instant message. Berikut adalah link Twibbon yang bisa Anda pakai.

1. https://www.twibbonize.com/olahraganasional2021

2. https://www.twibbonize.com/hariolahraganasional2022

3. https://www.twibbonize.com/twibbonhaornassmangabes2022

4. https://www.twibbonize.com/smkba-hariolahraganasional2022

5. https://www.twibbonize.com/url-hariolahraganasional

6. https://www.twibbonize.com/haornas2022-8

7. https://www.twibbonize.com/haornas2022-1

8. https://www.twibbonize.com/haornas2022-14

9. https://www.twibbonize.com/hrnsminurrohmahbinainsani2022

10. https://www.twibbonize.com/sdtambahrejo-hariolahraganal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.