Sukses

FIFA Batalkan Laga Argentina vs Brasil di Kualifikasi, Neymar dan Messi Batal Tampil di Piala Dunia Qatar 2022?

Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Brasil dan Argentina yang tahun lalu dihentikan sepakat dibatalkan hasilnya oleh otoritas tertinggi sepakbola, FIFA. Dengan keputusan ini, bagaimana nasib Neymar dan Lionel Messi di Piala Dunia 2022?

Liputan6.com, Jakarta Laga kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 antara Brasil dan Argentina yang tahun lalu dihentikan, tidak akan dipertandingkan lagi atau boleh dibilang dibatalkan oleh pihak otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA.

Pertandingan tersebut seharusnya berlangsung September tahun lalu, namun dihentikan ketika pejabat kesehatan Brasil menyerbu ke lapangan saat laga berjalan tujuh menit di Sao Paulo, dan menuding adanya pelanggaran karantina Covid-19 oleh tim tamu.

Dengan keputusan ini tidak mempengaruhi lolosnya kedua negara ke putaran final Piala Dunia 2022 pada 20 November nanti. FIFA awalnya menolak dan berkeras laga tersebut harus tetap dan segera dimainkan. Brasil dan Argentina kemudian membawa kasusnya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Di sana kemudian berhasil dicapai kesepatakan. Pada akhirnya FIFA membatalkan pertandingan secara definitif.

"Akhirnya, pertandingan antara Brasil-Argentina tidak akan diulang dan tanggal yang sudah diputuskan untuk mengulang pertandingan tersebut akan dipakai untuk memainkan pertandingan persahabatan dalam persiapan untuk Piala Dunia Qatar 2022," pernyataan dari asosiasi Brasil, CBF, tanpa mengidentifikasi kemungkinan lawan.

Aljazair dan Tunisia kabarnya menjadi lawan yang mungkin bagi Brasil, sementara Argentina mengatakan juga ingin memainkan pertandingan persahabatan alternatif.

"CBF berterima kasih kepada FIFA atas kesediaan dan ketersediaan untuk menyelesaikan masalah ini dalam situasi yang sangat spesifik dalam rentang waktu yang singkat ini," tambah pernyataan tersebut seperti yang dikutip Liputan6, Kamis (18/8/2022).

Dengan keluarnya keputusan ini tak serta merta membuat Argentina dan Brasil aman, pasanya mereka harus membayar denda senilai ratusan ribu dolar. 

Kedua negara dengan mudah lolos ke putaran final Piala Dunia sebagai dua tim teratas dalam grup 10 negara Amerika Selatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brasil Favorit Juara

Brasil selalu menjadi tim favorit juara, begitu pula untuk Piala Dunia 2022 nanti yang akan digelar di Qatar. Brasil memiliki sejarah nan panjang di sepak bola. Negeri yang memang identik dengan olahraga ini.

Brasil adalah pemenang trofi terbanyak Piala Dunia. Total, Tim Samba meraih lima gelar Piala Dunia. Terakhir, mereka meraihnya pada Piala Dunia 2002 silam.

Piala Dunia Qatar 2022 ini, Brasil pun menjadi salah satu favori peraih gelar. Banyak pemain bintang mereka bertebaran di liga-liga besar Eropa.

Dengan modal itu pula, Brasil diyakini akan menjadi tim yang sangat kuat untuk melanjutkan tradisi mereka di ajang terbesar sepak bola empat tahunan ini.

Dengan pelatih bertangan dingin yaitu Tite, Brasil diprediksi bisa bersaing menghadapi fase grup Piala Dunia 2022 nanti.

3 dari 3 halaman

Argentina Haus Gelar Juara

Perjalanan Argentina ke putaran final Piala Dunia 2022 tidak terlalu mulus, tapi juga tidak terlalu berat. Lionel Messi dan kolega finis sebagai runner up pada babak kualifikasi, mereka terpaut enam angka dengan Brasil.

Meski demikian, capaian mereka cukup apik karena tanpa kekalahan. Mereka menang 11 kali dan seri enam kali. Argentina akan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia Qatar 2022. Ini karena mereka adalah pemenang Copa America 2021.

Belum lagi, mereka sempat mengalahkan Italia di Finallisima 2022, ini membuktikan betapa menakutkannya tim ini.

Pada kompetisi kali ini, mereka berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Jika melihat dari statistik, tentu saja Argentina diunggulkan sebagai juara grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.