Sukses

Profil Tim Grup H Piala Dunia 2022: Bisa Bikin Kejutan Lagi di Qatar, Korea Selatan?

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Korea Selatan adalah salah satu kekuatan sepak bola Asia, yang menjadi salah satu peserta Piala Dunia Qatar 2022. Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan ke-11 mereka di ajang sepak bola terbesar itu.

Pada penampilan ke-10 di Piala Dunia 2018, Korea Selatan yang saat itu dipimpin Shin Tae-yong, meraih kemenangan 2-0 atas Jerman. Meski gagal lolos dari fase grup karena hanya meraih satu kemenangan, namun penampilan Korea Selatan tetap mengejutkan.

Kemenangan tersebut juga menjadi pertanda bahwa kekuatan tim Asia pun patut diperhitungkan oleh negara-negara kuat Eropa.

Sebenarnya hal yang lebih mengejutkan pernah diraih tim yang berjuluk Taeguk Warriors di Piala Dunia 2002 saat mengalahkan Portugal, Spanyol, hingga Italia, meski penuh kontroversi.

Namun, sejak saat itu prestasi terbaik Korea Selatan hanya menembus babak 16 besar pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Selain itu, Korea Selatan hanya meramaikan fase grup, dan gagal menunjukkan prestasi yang lebih baik.

Perjuangan Korea Selatan di Piala Dunia Qatar berawal dari Grup H yang dihuni Portugal, Ghana, dan Uruguay. Korea Selatan diprediksi menjadi tim kuda hitam yang akan merepotkan para unggulan seperti Portugal dan Uruguay.

Korea Selatan memulai perjalanannya dengan menjadi pemuncak klasemen di Grup H babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dalam enam pertandingan,  mereka meraih lima kemenangan, satu hasil imbang, mencetak 22 gol, dan hanya kebobolan satu gol.

Perjalanan Korea Selatan berlanjut ke putaran selanjutnya. Mereka tergabung di Grup A bersama Iran, Uni Emirat Arab, Irak, Suriah, dan Lebanon. Anak asuh Paulo Bento merebut posisi kedua di klasemen akhir dengan koleksi 23 poin di bawah Iran yang mengoleksi 25 poin.

Hasil tersebut didapat Korea Selatan setelah meraih tujuh kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah dalam 10 pertandingan. Posisi kedua cukup untuk tim Negeri Ginseng memastikan langkah ke Piala Dunia 2022.

Akankah ada kejutan lain dari Korea Selatan pada Piala Dunia 2022 nanti? Atau hanya menjadi penghibur saja? Nantikan di November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bintang - Son Heung-min

Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min bisa dibilang merupakan pemain paling bersinar yang dimiliki Korea Selatan saat ini. Dia menjadi pemain Asia pertama yang menjadi top skorer di kompetisi teratas Liga Inggris (Premier League).

Bersama Mohamed Salah bintang asal Liverpool, Son Heung-min menjadi top skorer Liga Inggris musim 2021-2022. Ia bahkan mengungguli calon lawannya di Grup H, Cristiano Ronaldo. Penyerang Portugal tersebut mengoleksi 18 gol.

Pemain berusia 29 tahun itu kini dipercaya menjadi kapten Korea Selatan, dan telah mengoleksi 32 gol dari 100 penampilan.

Son Heung-min dipercaya akan menjadi salah satu pemain penentu bagi Korea Selatan di Piala Dunia 2022 nanti.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pelatih - Paulo Bento

Pelatih Paulo Bento telah menangani Korea Selatan sejak 17 Agustus 2018, menggantikan Shin Tae-yong yang melatih sejak Juli 2017.

Hingga 14 Juni 2022, Paulo Bento telah membawahi Korea Selatan dalam 49 pertandingan di segala ajang dengan hasil 32 kemenangan, 11 hasil imbang, dan enam kekalahan.

Sebelum menangani Korea Selatan, Paulo Bento, sempat melatih Chongqing Dangdai Lifan (Chongqing Liangjiang Athletic).

Pelatih Berusia 53 tahun itu juga berpengalaman menangani Olympiacos, Cruzeiro, timnas Portugal, dan Sporting. Paulo Bento pernah mengantarkan Korea Selatan menjuarai Kejuaraan Asia Timur pada tahun 2019 lalu.

Selain itu, pemilik 35 caps bersama timnas Portugal itu juga pernah meraih dua gelar Piala Portugal, dan dua Piala Super Portugal.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022

23.00 WIB: Uruguay vs Korea Selatan 

Senin, 28 November 2022

20.00 WIB: Korea Selatan vs Ghana

Jumat, 2 Desember 2022

22.00 WIB: Korea Selatan vs Portugal

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS