Sukses

Dibuang Barcelona, Marc Cucurella Kini Diperebutkan City dan Chelsea

Liputan6.com, Jakarta- Bek kiri Marc Cucurella jadi salah satu primadona di bursa transfer musim panas 2022 terutama pada awal Agustus ini. Pemuda Spanyol itu sedang diperebutkan dua klub besar Liga Inggris, Manchester City dan Chelsea.

Cucurella sejatinya merupakan pemain binaan Barcelona. Pemuda 24 tahun itu pertama kali bergabung dengan Barca di level U-16 setelah meninggalkan akademi Espanyol pada tahun 2012.

Sayangnya dia gagal menembus tim utama Barcelona. Cucurella kemudian dipinjamkan ke Eibar pada tahun 2018 sebelum dipermanenkan semusim kemudian.

Di Eibar, Cucurella berkembang pesat. Penampilan menjanjikannya membuat Barcelona membeli kembali pada Juli 2019. Tapi lagi-lagi Barca menyia-nyiakannya. Cucurella langsung dipinjamkan ke Getafe.

Semusim dipinjamkan, Getafe tertarik dengan Cucurella dan langsung mempermanenkannya. Cucurella tak bertahan lama di Getafe. Dia dibeli klub Liga Inggris Brighton and Hove Albion pada Agustus 2021.

Meski Brighton hanya berada di papan tengah, Cucurella laris manis diperebutkan City dan Chelsea. Kedua klub besar itu kebetulan sedang butuh kehadiran bek kiri baru.

2 dari 4 halaman

Gantikan Zinchenko

City perlu Cucurella karena dinilai cocok dengan gaya main yang dipakai manajer Josep Guardiola. The Citizens sedang membutuhkan pengganti bek kiri asal Ukraina Oleksandr Zinchenko yang baru saja hijrah ke Arsenal.

Kemampuan menyerang Cucurella yang sangat baik begitu disukai Guardiola. Selama ini Pep kerap mengandalkan bek sayap offensive seperti Joao Cancelo, Dani Alves, Jordi Alba hingga Kyle Walker.

Kehadiran bek kiri baru dibutuhkan karena dengan kepergian Zinchenko, Guardiola cuma punya Cancelo. Itupun posisi asli Cancelo adalah bek kanan. City sebenarnya masih punya Benjamin Mendy. Tapi tak bisa diturunkan lagi karena dipenjara akibat kasus pemerkosaan.

3 dari 4 halaman

Chelsea

Adapun Chelsea ikut melirik Cucurella untuk mengantisipasi kepergian bek kiri senior asal Spanyol Marcos Alonso. Kabarnya Alonso ingin kembali ke negaranya demi memperkuat Barcelona.

Chelsea pun perlu tambahan bek kiri mengingat Ben Chilwell juga baru sembuh dari cedera panjang. Chelsea kabarnya selangkah di depan ketimbang City dalam mendapatkan Cucurella.

4 dari 4 halaman

Klasemen