Sukses

Gaji Ousmane Dembele Bakal Dipotong Jika Bertahan di Barcelona

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola asal Prancis Ousmane Dembele harus menelan kenyataan pahit jika ingin mendapat kesempatan kedua di Barcelona. Tawaran baru yang disodorkan Blaugrana bakal membuat sang pemain menerima pemotongan gaji besar.

Kontrak Dembele dengan raksasa Catalan sejatinya telah berakhir pada 30 Juni 2022. Eks penggawa Rennes itu kini telah menyandang status sebagai free agent. Kendati demikian, Barca masih membuka peluang bagi Dembele untuk kembali merumput di Spanyol.

Pihak klub cukup percaya diri sang pemain bakal menerima tawaran yang mereka ajukan. Apalagi manajer Blaugrana Xavi Hernandez juga masih ingin Dembele tinggal di Camp Nou.

Dilansir dari Metro, Dembele pertama kali merumput bersama Barcelona pada 2017, usai menuntaskan kepindahan senilai 135,5 juta poundsterling dari Borussia Dortmund.

Sayangnya, kontribusi sang pemain tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan Barca. Dembele lebih sering mengalami cedera, sehingga gagal menampilkan performa maksimal selama berkarier di raksasa La Liga.

Walau negosiasi perpanjangan kontrak dengan Barcelona sebelumnya tak berjalan mulus, Dembele masih diberi waktu untuk menetap di Katalunya. Ia bisa lanjut mengenakan seragam Blaugrana, dengan catatan sang pemain rela menerima pemotongan gaji hingga 40 persen.

Sport menyebut Dembele memang merupakan salah satu penggawa Barcelona dengan gaji tertinggi. Oleh karena itu, Barca berupaya menyesuaikan bayaran sang pemain dengan situasi keuangan mereka di Camp Nou. Adapun Dembele nantinya akan berada di level yang hampir sama dengan Ansu Fati.

2 dari 4 halaman

Dikaitkan dengan Chelsea

Sebagai informasi, Ousmane Dembele sempat dikaitkan dengan kepindahan ke sejumlah klub lain. Liverpool, Paris Saint-Germain, hingga Chelsea digadang-gadang bakal menjadi calon pelabuhan baru bagi Dembele, usai berpisah dengan Barcelona pada musim panas ini.

Laporan Mundo Deportivo pada akhir Mei lalu bahkan menyebut Chelsea sudah dekat dengan penandatanganan Dembele. Sang raksasa Liga Inggris diprediksi bakal memboyong pemain internasional Prancis ke Stamford Bridge dengan status bebas transfer.

Kepindahan menuju London Barat sejatinya bakal menjadi hal yang menarik buat Dembele. Pasalnya, ia akan mendapat kesempatan untuk reuni dengan Thomas Tuchel yang pernah menjadi juru taktiknya kala berkarier di Borussia Dortmund.

Akan tetapi, Dembele justru membuat pernyataan mengejutkan pada pertengahan Juni. Pesepak bola berusia 25 tahun tersebut mengaku dirinya akan bertahan di Barcelona, ketika seorang fans bertanya soal masa depannya bersama sang raksasa Catalan.

3 dari 4 halaman

Pukulan bagi Chelsea

Keputusan Dembele untuk melanjutkan karier di Camp Nou tak pelak bakal menjadi pukulan besar bagi Chelsea. Pasalnya, klub yang finis di peringkat tiga klasemen Liga Inggris 2021/2022 itu sangat ingin menambah opsi di lini serang mereka jelang kompetisi musim depan.

Daily Express menyebut Thomas Tuchel masih belum puas dengan hasil yang diraih skuadnya saat ini. Oleh karena itu, pelatih asal Jerman berupaya memboyong bala bantuan baru melalui jendela transfer musim panas.

Sejumlah pemain, mulai dari Raphinha hingga Raheem Sterling, sebelumnya juga telah dikaitkan dengan The Blues. Akan tetapi, belum satu pun transfer di antaranya yang berhasil dituntaskan oleh klub besutan Thomas Tuchel.

4 dari 4 halaman

Raphinha

Raphinha sempat dikabarkan dekat dengan kepindahan ke Stamford Bridge. Akan tetapi, laporan terbaru mengeklaim pemain Leeds United enggan hijrah ke Chelsea. Ia lebih memilih bertahan di Elland Road selama enam bulan lagi, sembari menunggu kesempatan untuk bergabung dengan Barcelona.

Selaras dengan hal ini, Marca juga menilai Barcelona punya peluang besar untuk memenangkan perburuan tanda tangan Raphinha. Blaugrana bahkan telah meyakinkan sang pemain dan agennya agar tidak langsung menerima tawaran Chelsea, serta memberi ruang bagi pihak klub untuk bermanuver.