Sukses

Indosiar dan Vidio Tayangkan AFF U-19 Championship Secara Eksklusif, Menanti Aksi Timnas U-19

Liputan6.com, Jakarta Indosiar dan Vidio kembali menayangkan pertandingan sepak bola bergengsi. Kali ini, Indosiar secara ekslusif menayangkan AFF U-19 Championship 2022 atau Piala AFF U-19.

Turnamen sepak bola kelompok umur ini diikuti oleh 11 Negara di ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam. Pertandingan Piala AFF U-19 akan digelar di dua venue yaitu Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 tentu yang paling ditunggu. Garuda Nusantara akan melakoni laga pertama melawan Vietnam pada Sabtu (2/6/2022) yang ditayangkan live di Indosiar dan Vidio.

Timnas U-19 yang tergabung di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina dan Brunei Darussalam akan melakoni sebanyak 5 pertandingan. Pertandingan kontra Vietnam menjadi laga perdana Skuad Garuda Nusantara di AFF U-19.

Ajang ini pun akan menjadi pembuktian bagi Shin Tae-Yong untuk mengalahkan Timnas Vietnam di bawah asuhan Dinh The Nam. Setelah melawan Vietnam, berikutnya Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Brunei Darussalam pada Senin, 4 Juli 2022 pukul 19.30 WIB.

Selanjutnya skuad Garuda Nusantara akan menghadapi tim kandidat terkuat Piala AFF U-19 2022 dalam group A yakni Thailand pada hari Rabu, 6 Juli 2022 mulai pukul 19.30 WIB. Timnas Thailand dibawah asuhan pelatih Salvador Valero Garcia ini menjadi kolektor terbanyak gelar turnamen dengan total lima kali juara.

Selanjutnya perjuangan Timnas Indonesia U-19 akan berlanjut dengan menghadapi perlawanan Filipina pada Jumat, 8 Juli 2022 pukul 19.30 WIB dan ditutup dengan laga terakhir melawan Myanmar pada Minggu, 10 Juli 2022 pukul 19.30 WIB.

 

2 dari 3 halaman

Grup Neraka

Perjuangan Timnas Indonesia pada laga AFF U-19 kali ini dinilai tak akan mudah, bahkan sejak fase grup. Grup A Piala AFF U-19 dianggap sebagai neraka karena diisi oleh dua negara raksasa Asia Tenggara yakni Vietnam dan Thailand.

Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan harus berebut satu tiket dengan negara lainnya karena hanya juara group dan runner-up grup yang akan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski begitu, sebagai tuan rumah, Indonesia mendapatkan keuntungan dengan tampil di depan pendukungnya yang menyaksikan langsung di stadion maupun lewat tayangan Indosiar dan Vidio.

Sejak penyelenggaraan ajang AFF U-19, Timnas Indonesia tercatat pernah meraih satu gelar juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013 silam. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup B setelah meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan.

Satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-19 adalah Vietnam dengan skor 1-2. Timnas Indonesia U-19 kembali berhadapan dengan Vietnam di final Piala AFF U-19 2013 dan berhasil keluar sebagai pemenang setelah adu penalti dengan peraihan skor 7 – 6.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Ketum PSSI

 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap pemain Timnas U-19 bisa tampil apik di kandang sendiri. Iriawan pun menargetkan menjadi juara Piala AFF U-19 seperti pada 2013 lalu.

"Bermain di kandang tentu animo dan dukungan suporter akan luar biasa. Ini harus dimanfaatkan betul oleh semua pemain agar bermain maksimal dan ngotot," ujar Iriawan.

Kehadiran AFF U19 Championship ini melengkapi sejumlah program olahraga Indosiar lain yang telah hadir terlebih dahulu seperti BRI Liga 1, Liga 2, FIFA Match Day dan Piala Presiden yang masih bergulir hingga saat ini. Hal ini menjadi komitmen INDOSIAR untu terus menghadirkan sajian olahraga berkualitas bagi para pecinta sepakbola Indonesia.

"Tayangan eksklusif AFF U-19 Championship ini dipastikan akan menjadi salah satu tontonan yang menghibur baik bagi penikmat sepak bola yang menonton lewat layar kaca INDOSIAR maupun yang hadir mendukung langsung timnas kesayangannya di stadion," kata Harsiwi Achmad selaku Director Programming SCM.