Sukses

Piala Asia Mini Football 2023 Digelar di Gorontalo

Piala Asia Mini Football 2023 menjadi turnamen olahraga skala internasional pertama di Gorontalo sejak dimekarkan.

Liputan6.com, Jakarta- Kegiatan Olahraga di provinsi Gorontalo mulai menggeliat. Tahun depan Gorontalo akan menjadi tuan rumah Piala Asia Mini Football 2023. Ini merupakan turnamen olahraga skala internasional pertama di Gorontalo sejak dimekarkan.

Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari yang didampingi Wakil Presiden AMFC Wilayah Asia Timur, Andi Bachtiar Yusuf telah melakukan kunjungan ke Gotontalo pada pekan ini. Mereka menemui Hamka Hendra Noer selaku Pejabat Gubernur Gorontalo membahas persiapan Piala Asia Mini Football.

"Sebenarnya Kejuaraan Piala Asia Mini Football sudah disetujui dilaksanakan tahun ini, sekitar bulan Oktober sampai November. Tetapi, saya meminta dilaksanakan tahun depan. Biar persiapan lebih matang dan kita bisa membenahi sarana dan prasarana untuk mensukseskannya," kata Hamka Hendra Noer kepada wartawan di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (28/6/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Hamka Hendro Noer yang didampingi Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga, Dr. Arsyad Ahmadin, SH, M.Si juga sempat mengajak rombongan Presiden AMFC meninjau tiga lapangan yang akan menjadi lokasi pertandingan Kejuaraan Asia Mini Footbaall. Lokasi pertama di lapangan Gelanggang Olahraga David Toni di Limboto, Kabupaten Gorontalo, serta Stadiun Merdeka dan lapangan Amal di Kota Gorontalo.

"Saya dengan Presiden AMFC dan Wakil Presiden AMFC telah melakukan kunjungan ke dua lokasi tersebut. Alhamdulillah menurut mereka lapangannya memenuhi standar untuk pelaksanaan Piala Asia Mini Soccer," kata Hamka Hendro Noer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar

Presiden AMFC, Mohammad Alddausari yang hadir dalam jumpa pers, mengaku senang jika Kejuaraan Asia Mini Football akan digelar di Provinsi Gorontalo. “Melihat keseriusan pemerintah dan masyarakat Gorontalo yang begitu antusias, saya senang kalau kejuaraan Asia mini football dilaksanakan di Gorontalo,” ungkap Alddausari.

Menurut Alddausari, kepastian Gorontalo untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Mini Football akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan secara internal dengan negara-negara anggota AMFC. Presiden AMFC menambahkan, kejuaraan Asia ini untuk pertama kalinya digelar sejak terbentuknya AMFC sehingga akan menjadi catatan sejarah bagi Provinsi Gorontalo.

“Jika ini sudah disepakati, tiga bulan sebelum pertandingan tim-tim dari negara Asia akan datang ke Gorontalo. Ada 16 negara yang akan mengikuti kejuaraan Asia mini football pada tahun 2023,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

3 Lapangan

Menyangkut kelayakan lapangan, Presiden Mini Football Indonesia yang sekaligus sebagai Wakil Presiden AMFC Wilayah Asia Timur, Andibachtiar Yusuf, menilai sudah cukup memadai. Apalagi, kata Andibachtiar, mini football dimainkan di lapangan lebih kecil dengan jumlah pemain enam lawan enam.

“Tadi kita sudah melihat tiga lapangan, satu di antaranya memang lapangan mini football asli, sedangkan yang dua lagi adalah lapangan besar yang akan dikondisikan menjadi lapangan yang lebih kecil untuk mini football. Kondisi lapangan lumayan, apalagi perjalanan masih panjang sehingga tentunya ada perbaikan yang akan dilakukan,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.