Sukses

Frenkie de Jong Terbuka pada Skenario Pindah ke MU

Gelandang Barcelona Frenkie de Jong kabarnya mulai terbuka pada potensi kepindahan ke Manchester United (MU). Pemain berusia 25 tahun itu sempat memberi respons negatif pada tawaran MU. Kendati demikian, ia telah melunak dan mulai terbuka pada peluang transfer ke Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Barcelona Frenkie de Jong telah lama dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United (MU). Pemain internasional Belanda itu digadang-gadang bakal menjadi sosok kunci dalam skuad baru MU di Old Trafford.

Menurut laporan Metro, manajer baru Setan Merah Erik ten Hag sempat menghubungi sang pemain dan memintanya untuk hijrah ke Old Trafford. Sayangnya, upaya tersebut mendapat respons negatif dari De Jong.

Sang pesepak bola berusia 25 tahun diklaim tak tertarik merumput bersama MU. Pasalnya, Setan Merah kehilangan peluang untuk lolos ke Liga Champions musim depan, usai terlempar ke posisi enam klasemen akhir Liga Inggris musim ini.

Sebagai informasi, Ten Hag dan De Jong pernah bekerja sama kala masih berkarier di Johan Cruyff Arena. Keduanya sukses mengukir prestasi dengan mengantar Ajax Amsterdam melangkah ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

Ten Hag nampaknya ingin mengulangi momen-momen gemilang bersama De Jong. Ia telah dibekali 120 juta poundsterling oleh pihak klub untuk dibelanjakan pada bursa transfer musim panas. Dikutip dari Metro, Ten Hag siap menggelontorkan 70 juta poundsterling demi memboyong De Jong dari Camp Nou.

Barcelona pun tak menampik kepergian De Jong. Pihak klub saat ini memang butuh dana untuk menyeimbangkan pembukuan di tengah krisis finansial yang dialami. Meski sempat menolak, De Jong dilaporkan sudah mulai terbuka pada potensi transfer ke MU.

Metro menyebut De Jong menghargai usaha Ten Hag yang telah membujuknya untuk merumput bersama Setan Merah. Walau begitu, bertahan di Barcelona hingga kini masih menjadi preferensi utama bagi eks pemain Ajax.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Pelatih Barcelona

Pelatih Barcelon Xavi Hernandez sejatinya tak ingin berpisah dengan Frenkie de Jong. Juru taktik asal Spanyol itu sempat menegaskan bahwa De Jong merupakan sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental," kata Xavi seperti dilansir dari laporan Metro.

Kendati demikian, krisis finansial bisa saja memaksa Barcelona untuk melepas Frenkie de Jong. Pasalnya, sang raksasa La Liga perlu dana tambahan untuk mendatangkan pemain baru jelang kompetisi musim depan.

Adapun Pedri, Gavi, dan Sergio Busquets tercatat telah menunjukkan performa gemilang di lini tengah Blaugrana musim lalu. Tak heran jika Frenkie de Jong menjadi salah satu penggawa yang paling potensial untuk dijual Barcelona.

3 dari 3 halaman

Target Lain

Jika Frenkie de Jong tetap kekeh menolak tawaran MU, Setan Merah harus segera menjajaki target lain di bursa transfer musim panas. Pasalnya, lini tengah mereka membutuhkan tenaga tambahan. Penggawanya Paul Pogba akan hengkang usai kontraknya berakhir.

Pemain asal Prancis itu santer dikaitkan dengan kepulangan ke mantan klubnya, Juventus. Jesse Lingard dan Nemanja Matic juga dikabarkan bakal angkat angkat kaki dari Old Trafford. Mirror menyebut keduanya akan pergi pada Juni mendatang.

Manchester United kini hanya memiliki Scott McTominay, Fred, dan Donny van de Beek yang berstatus sebagai gelandang tengah senior. Adapun Bruno Fernandes lebih sering beroperasi dalam peran yang berbeda. Oleh karena itu, kedatangan De Jong menjadi aspek krusial bagi Setan Merah jelang musim depan.

Sebagai informasi, Setan Merah bukanlah satu-satunya klub yang menaruh hati pada De Jong. Gelandang asal Belanda itu telah menjadi properti panas dalam jendela transfer tahun ini. Ia banyak diminati berkat penampilannya yang solid di level klub serta internasional.

Bayern Munchen dan Manchester City kabarnya juga tertarik menyewa jasa De Jong. Kedua tim dikenal kuat dari segi finansial, sehingga tak bakal kesulitan membajak De Jong dari Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Frenkie de Jong

  • Erik ten Hag