Sukses

Atlet Panjat Tebing Indonesia Rebut Emas dan Pecahkan Rekor di Kejuaraan Dunia 2022

All Indonesian Final kembali terjadi pada nomor men’s speed putra dan atletnya juga sama seperti tahun lalu di Kejuaraan Dunia 2021 Salt Lake City.

Liputan6.com, Jakarta- Prestasi membanggakan kembali di ukir atlet Indonesia di momen Idul Fitri 2022. Setelah cabang olahraga angkat besi, kali ini berita baik datang dari panjat tebing. Indonesia berjaya di World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 yang digelar di Seoul, Korea Selatan.

Atlet panjat tebing Indonesia sukses besar di kategori men’s speed. Indonesia menyapu bersih medali pada Kejuaraan Dunia yang berlangsung pada Jumat (6/5/2022).

World Cup International Sport Climbing 2022 diikuti lebih dari 30 negara. Atlet-atlet Indonesia mampu mengisi seluruh tempat di podium. Kabar menggembirakan ini disampaikan Head of Delegation, Asep Rahmat seperti dikutip dari situs resmi KONI Pusat.

All Indonesian Final kembali terjadi pada nomor men’s speed putra dan atletnya juga sama seperti tahun lalu di Kejuaraan Dunia 2021 Salt Lake City, yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin. Kala itu Veddriq meraih emas sekaligus pecahkan rekor dunia dengan waktu 5,2008 detik.

Tahun ini, Veddriq juga meraih emas pasca mencatatkan waktu 6,96 detik. Alhasil Veddriq meraih medali emas, sedangkan Katibin perak. Medali perunggu diamankan oleh Rahmad Adi usai mengalahkan atlet Italia Ludovico Fossali, dengan 5,58 detik pada perebutan peringkat ketiga.

Tak hanya itu, sebelumnya pada babak kualifikasi Katibin berhasil memecahkan rekor dunia atas nama Veddriq tahun lalu di Salt Lake. Katibin lebih cepat kali ini yakni dengan 5,17 detik, berbeda 0,03 detik ketimbang Veddriq kala mengalahkan dirinya tahun lalu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membanggakan

Menanggapi prestasi tersebut, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan kebanggaannya.

“Prestasi atlet-atlet panjat tebing Indonesia sangat luar biasa, kembali berhasil membuat All Indonesian Final pada kejuaraan dunia di Seoul tahun ini. Bahkan, medali perunggu juga berhasil diraih sehingga membuat podium hanya ditempati atlet Indonesia. Tak hanya meraih medali, atlet Indonesia juga kembali memecahkan rekor dunia yang sebelumnya juga dimiliki oleh atlet asal Indonesia,” kata Marciano Norman.

3 dari 3 halaman

Yenny Wahid

“Atlet panjat tebing sangat luar biasa. Terima kasih atas kerja keras seluruh atlet, pelatih, ofisial dan jajaran Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang dipimpin Ibu Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid). Saya yakin, panjat tebing akan menjadi lumbung medali untuk Indonesia pada kejuaraan internasional lainnya. Pertahankan prestasi ini, jangan lelah berkarya untuk Indonesia!,” tutup Ketum KONI Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.