Sukses

Bos Chelsea Roman Abramovich Diracun Pakai Senjata Kimia Dosis Rendah?

Roman Abramovich diduga menjadi korban serangan senjata kimia saat menjadi negosiator perdamaian Rusia-Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, diduga diracun saat menjadi negosiator untuk Rusia-Ukraina. Dua pejabat senior Ukraina juga menunjukkan gejala yang sama dengan taipan berusia 66 tahun tersebut. 

Dugaan mencuat setelah Abramovich dan dua negosiator lain mengalami gejala kulit mengelupas dan mata merah. Kondisinya tidak terlalu parah dan kini dirawat di salah satu rumah sakit di Turki. 

Laporan mengenai peristiwa ini sebenarnya masih simpang-siur. Namun menurut Wall Street Journal (WSC) seperti dilansir dari France24, Abramovich adalah salah satu delegasi yang ikut dalam perundingan damai di Kiev, awal bulan ini. Dan dalam pertemuan itu, salah seorang pejabat Ukraina diketahui sempat menuangkan minuman kepada para delegasi termasuk Roman Abramovich. 

Namun soal keracunan yang menimpa Roman Abramovich, Mykhailo Podolyak, negosiator lain dalam pertemuan itu menilai, ada banyak spekulasi dan teori konspirasi yang mencuat. Sedangkan Negosiator lain, Rustem Umerov meminta agar tidak langsung percaya dengan informasi yang belum terverifikasi.

Hal senada juga disampaikan  Menteri Luar Negeri, Ukraina, Ukrainian Foreign Minister Dmytro Kuleba. "Semua orang haus berita yang sensasional," katanya di TV. Meski demikian, dia juga menambahkan, agar para delegasi yang bernegosiasi dengan Rusia lebih berhati-hati dalam mengonsumsi sesuatu.

"Saya menyarankan siapa pun yang akan bernegosiasi dengan Rusia untuk tidak makan atau minum apa pun, (dan) sebaiknya menghindari menyentuh permukaan," kata Kuleba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dosis Rendah

Dalam laporannya, WSJ, juga menyampaikan Abramovich dan dua negosiator lain dalam kondisi yang stabil. Mereka sudah berangsur membaik dan tidak sampai membahayakan nyawa ketiganya.

Sementara itu, Bellingcat mengutip sejumlah ahli melaporkan, Abramovich kemungkinan telah diserang dengan senjata kimia yang belum teridentifikasi. Hanya saja, dosisnya tidak mematikan dan bertujuan untuk menakut-nakuti korban. Sejauh ini, belum ada pihak yang bertanggung jawab. 

Menurut Bellingcat, ketiga korban hanya mengonsumsi cokelat dan air mineral sebelum pertemuan. Sementara degegasi keempat yang mengonsumsi barang-barang itu tidak mengalami gejala apapun. 

 

3 dari 4 halaman

Perang Rusia-Ukraina

Sebelumnya, Rusia secara resmi melancarkan invasi miltier terhadap Ukraina pada 27 Februari lalu. Serangan ini menuai kecaman dari berbagai negara di dunia. Untuk menekan Rusia, Inggris bahkan sampai menjatuhkan sanksi kepada Abramovich yang dikenal dekat dengan presiden Vladimir Putin. 

 

4 dari 4 halaman

Berimbas ke Chelsea

Seluruh asetnya dibekukan termasuk Chelsea yang dibeli Abramovich tahun 2003 lalu. Akibat sanksi ini, The Blues tidak lagi bisa menggerakkan roda ekonominya, termasuk menjual tiket pertandingan. Chelsea juga dilarang memperpanjang kontrak dan melakukan jual-beli pemain saat bursa transfer.

Abramovich sebelumnya telah mengumumkan akan menjual klub Chelsea. Dia juga telah menyerahkan tampuk pengelolaan kepada orang kepercayaannya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.