Sukses

Hasil Kualifikasi Zona Asia: Tekuk Australia, Jepang Raih Tiket Piala Dunia 2022

Sukses mengalahkan Australia memastikan Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia untuk ketujuh kalinya secara beruntun.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Jepang sukses kalahkan Australia 2-0 pada pertandingan ke-9 kualifikasi zona Asia Grup B di Stadion Australia, Sydney, Kamis malam (24/3/2022). Kemenangan ini juga memastikan Jepang mengamankan satu tiket Piala Dunia 2022

Dua gol kemenangan Jepang atas Australia diborong pemain pengganti Kaoru Mitoma pada menit 89 dan 90+4.

Hasil itu mengangkat Jepang kei puncak Grup B kualifikasi Asia. Posisi mereka kini di atas Arab Saudi yang unggul empat poin dari Australia

Sukses ini juga memastikan Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia untuk ketujuh kalinya secara beruntun. Sebaliknya Australia harus melalui dahulu babak play-off untuk bisa mengamankan satu tempat di Qatar.

Socceroos, julukan Australia, selanjutnya akan menghadapi Arab Saudi di Jeddah, Selasa mendatang, sebelum menghadapi negara yang finis ketiga di Grup A dalam pertandingan play-off pada 7 Juni 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Ketiga

Dengan dua pertandingan grup tersisa, Uni Emirat Arab berada di urutan ketiga dalam grup itu, unggul tiga poin dari Lebanon. Sementara Irak terpaut satu poin lagi.

Pemenang pertandingan itu melanjutkan ke babak play-off melawan tim urutan kelima dari Amerika Selatan.

3 dari 4 halaman

Peluang

Pada laga tersebut, Jepang tampaknya akan menghadapi hasil imbang yang mengecewakan melawan tim Socceroos. Namun, Mitoma tampil menjadi pahlawan tim setelah memecah kebuntuan pada menit ke-90.

Jepang sebenarnya sempat memperoleh beberapa peluang. Tendangan Takumi Minamino dua kali membentur mistar gawang di babak pertama. Peluang lainnya tendangannya pada menit ke-80 dari jarak enam yard digagalkan oleh Trent Sainsbury.

4 dari 4 halaman

Selebrasi

Pemain sayap Mitoma kemudian masuk pada menit ke-84. Dalam suatu kesempatan, dengan memanfaatkan umpan balik Mitoma menaklukkan kiper Mat Ryan dan memicu selebrasi liar dari tim tamu.

Nama Mitoma kemudian tampil lagi di papan skor ketika ia berhasil melewati pertahanan Australia yang melelahkan dan mengalahkan Ryan lagi.

Secara statistik, Timnas Jepang tampil dominan dengan mencatatkan 20 tembakan yang tujuh di antaranya tepat sasaran serta menguasai 57 persen penguasaan bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.