Sukses

Konvoi Pembalap Berjalan Lancar, Sinyal MotoGP Bakal Rutin di Indonesia?

Parade MotoGP di Jakarta berlangsung meriah, Rabu (16/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, ikut bangga dengan kelancaran parade MotoGP yang berlangsung di Jakarta, Rabu pagi (16/3/2022). Ezpeleta juga merasa terhormat, rombongan sirkus kuda besi mereka sempat diterima dengan hangat oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo. 

Sebanyak 20 pembalap mengikuti parade MotoGP pagi tadi. Acara ini merupakan bagian dari promosi kejuaraan MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung di Lombok, NTB, 18-20 Maret 2022. 

Sebelum melintasi sejumlah jalan protokol ibu kota, para pembalap terlebih dulu singgah di Istana Negara. Mereka diterima oleh Presiden Jokowi. Setelah sarapan bertama dan sesi foto bersama, para pembalap lalu menuju sepeda motor masing-masing untuk melakukan konvoi menuju Bundaran HI. 

Presiden Joko Widodo melepas langsung para pembalap. Sayang, mantan wali kota Solo itu tidak ikut iring-iringan karena alasan keamanan. Jokowi hanya sempat memamerkan koleksi sepeda motor customnya kepada para pembalap sebelum melepas mereka konvoi menyapa para penggemar. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Ezpeleta

"Ini adalah event yang luar biasa, dengan semua pembalap membantu kami dalam promosi ini," kata Carmelo Ezpeleta seperti dilansir dari crash.net.

"Indonesia merupakan salah satu negara terbesar ini dunia untuk MotoGP," beber Ezpeleta.   

"Kami juga merasa bangga bisa diterima oleh presiden (Joko Widodo). Ini hal yang luar biasa dan kami sangat menghargai itu. Kami sangat senang melihat usaha yang dilakukan oleh panitia balapan hingga acara ini terselenggara dan melibatkan para pembalap. Sesuatu hal yang impresif," sambungnya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Bakal Berlanjut?

Ezpeleta sendiri ikut hadir dalam acara parade MotoGP tersebut. Pria asal Spanyol itu bahkan sempat melihat salah satu koleksi sepeda motor custom Presiden Jokowi, Kawasaki WR175. 

"Saat ke sini beberapa tahun lalu, kami sadar kalau MotoGP di Indonesia sangat populer. Kami pikir ini akan jadi event yang menarik dan penting bagi olahraga," kata Ezpeleta.

"Kami berharap ini adalah yang pertama dari beberapa; kami punya kerjasama balapan jangka panjang di Indonesia. Ini adalah organisasi baru dan sirkuit baru, tapi semua orang bekerja keras bahu-membahu untuk membuatnya sukses," ujar pria berusia 76 tahun tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Menuju Lombok

Parade MotoGP pagi tadi tidak berlangsung lama. Setelah start dari Istana Negara, para pembalap kemudian berbelok ke Jalan Medan Merdeka Barat dan melintasi Patung Kuda lalu melewati jalan MH Thamrin. Kehadiran mereka disambut meriah oleh warga yang berdiri di tepi jalan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh sebagian rider untuk melakukan atraksi hingga menambah meriah suasana. 

Konvoi berakhir di Hotel Kempinski. Selanjutnya, para pembalap segera berkemas dan bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mempersiapkan balapan sebenarnya pada 18-20 Maret 2022.

MotoGP Mandalika sendiri merupakan akhir penantian panjang para pencinta olahraga otomotif Tanah Air. Sebelumnya, balapan grand prix terakhir berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, pada tahun 1997. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.