Sukses

Cerita Lengkap Parade MotoGP: Dari Pamer Motor Kesayangan hingga Atraksi Bakar Ban

Jangan lewatkan juga daftar pembalap yang ikut ambil bagian dan jadwal MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta Parade MotoGP telah rampung. Kini waktunya para pembalap menatap sesi balapan sesungguhnya yang bakal berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022. 

Ini merupakan balapan grand prix pertama yang berlangsung di Indonesia setelah 25 tahun penantian. Sebelumnya, ajang yang sama pernah digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada tahun 1997.

Sebanyak 20 pemabalap ikut memeriahkan parade MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022). Mereka terdiri dari para pembalap dari MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asian Talent Cup (ATC). Sebelum konvoi berjalan, seluruh peserta mendapat kesempatan bertemu dengan presiden RI, Joko Widodo. 

Konvoi berlangsung sejak pukul 10.00 WIB. Para pembalap dilepas langsung oleh Presiden Jokowi. Iring-iringan motor pembalap kemudian melintasi jalan Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Seperti apa keseruan parade MotoGP di Jakarta? Simak rangkaian lengkapnya di halaman selanjutnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Foto Bersama

Acara parade dimulai dari Istana Negara, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Menurut Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Asssociation (MGPA), Cahyadi Wanda, Selasa (15/3/2022),, sebelum mengikuti konvoi, para pembalap dijadwalkan mengikuti sarapan bersama dengan Presiden Jokowi. 

"Lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana," kata Cahyadi menambahkan. 

Acara kemudian berlanjut dengan sesi foto bersama. Dalam tayangan langsung yang dibagikan lewat situs berbagi video, Youtube, tampak satu-persatu pembalap berfoto dengan Presiden Jokowi. 

Kehadiran para pembalap di Istana Negara, juga dimanfaatkan oleh sejumlah pejabat negara untuk berfoto dengan pembalap. Salah satunya adalah Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Kader Partai Golkar itu tertangkap kamera tengah berswafoto dengan rider Rerspol Honda, Marc Marquez. 

 

 

3 dari 7 halaman

Pamer Motor Kesayangan

Motor-motor para pembalap tampak terparkir di halaman Istana. Dan tidak ketinggalan, Presiden Jokowi juga mengeluarkan kuda besi kesayangannya dan memperkenalkannya kepada para rider. 

Marc Marquez tampak serius mendengarkan penjelasan dari Presiden Jokowi. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta juga tampak antusias. Jokowi kemudian duduk di atas motor berwarna hijau tersebut. 

Marquez tetap setia menemani. Sembari memegang helm, Marquez sesekali berbincang dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu. Sikap yang sama juga ditunjukkan oleh Carmelo Ezpeleta.

Motor kesayangan Jokowi berwarna hijau. Kuda besi yang dibawa menjajal Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika itu merupakan sepeda motor Kawasaki W175 edisi custom.

(Simak spesifikasinya di sini)

Usai memperkenalkan sepeda motor kesayangannya, Presiden Jokowi kemudian melepas para pembalap. Presiden tidak ikut dalam parade karena alasan keamanan. (Simak beritanya di sini)

4 dari 7 halaman

Bakar Ban Belakang

Sekitar pukul 10.00, para pembalap dilepas dari depan Istana Negara. Saat bendera start dikibarkan, Marc Marquez segera melesat ke depan. Masyarkat yang antusias tampak berkumpul di titik awal. 

Para pembalap kemudian berbelok menuju jalan Medan Merdeka Barat untuk seterusnya melalui Jalan Thamrin menuju Bundaran Hotel Indoesia. Tampak polisi berjaga-jaga di sepanjang rute konvoi. 

Kehadiran para pembalap disambut antusias warga. Mereka berdiri melambaikan tangan di tepi jalan. 

Beberapa pembalap dengan ramah menyambut uluran tangan mereka. Tidak hanya itu, sejumlah atraksi dilakukan pembalap untuk menghibur para penggemar yang setia menunggu mereka. 

Yang paling mencolok adalah aksi Francesco Bagnaia. Pembalap Ducati Lenovo itu tampak melakukan burnout atau membakar ban belakang hingga mengeluarkan asap putih. Aksi seperti ini biasanya dilakukan para pembalap untuk merayakan kemenangan mereka pada balapan resmi. 

 

5 dari 7 halaman

Diguncang Gempa Sukabumi

Acara parade tidak berlangsung lama. Para pembalap mengakhiri aksinya di depan Hotel Kempinski. 

Meski demikian, acara berlangsung meriah. Para rider tampak senang menyapa para penggemarnya. 

Padahal saat parade berlangsung, Jakarta sempat digoncang gempa. Lindu berkekuatan Magnitudo 5,5 itu berpusat di 113 km Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat. Meski terasa hingga ke Jakarta, gempa tidak mengganggu jalannya parade. Acara tetap berjalan lancar dan tanpa ada hambatan berarti. 

Tidak banyak waktu istirahat yang dimiliki pembalap. Setelah parade, mereka langsung bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mempersiapkan diri menghadapi MotoGP Indonesia 2022. Balapan roda dua paling bergengsi ini akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. 

Simak jadwalnya di halaman selanjutnya. 

 

6 dari 7 halaman

Daftar Pembalap yang Ikut Konvoi

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

3. Johann Zarco (Pramac Racing)

4. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

6. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)

7. Enea Bastianini (Gresini Racing)

8. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP)

9. Pol Espargaro (Repsol Honda)

10. Jack Miller (Ducati Lenovo)

11. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

12. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)

13. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

14. Jorge Martin (Pramac Racing)

15. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)

16. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

17. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

18. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

19. Mario Aji (Honda Asia Team)

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

7 dari 7 halaman

Jadwal MotoGP Mandalika 2022

Jumat, 18 Maret 2022

09.50 – 10.35 WIB: Sesi Latihan Bebas I

14.05 – 14.50 WIB: Sesi Latihan Bebas II

 

Sabtu, 19 Maret 2022

09.50 – 10.35 WIB: Sesi Latihan Bebas III

13.25 – 13.55 WIB: Sesi Latihan Bebas IV

14.05 – 14.20 WIB: Kualifikasi I

14.30 – 14.45 WIB: Kualifikasi II

 

Minggu, 20 Maret 2022

09.40 – 10.00 WIB: Pemanasan

14.00 WIB: Balapan MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini