Sukses

5 Penyerang yang Berpotensi Jadi Pemain Gratis di Bursa Transfer Musim Panas

Simak nama-nama penyerang yang kemungkinan bakal menyandang status free agent di bursa transfer musim panas melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Perekrutan pemain dalam sepak bola umumnya membutuhkan biaya tinggi. Apalagi jika pemain tersebut sudah dikenal berkat kualitas dan performanya sepanjang musim.

Meski demikian, klub tetap dapat mendatangkan pemain secara gratis jika penggawa incarannya tengah menyandang status sebagai free agent alias bebas transfer.

Dilansir dari Sportskeeda, free agent merupakan pemain yang telah mengakhiri masa kontrak dengan klub sebelumnya. Tak jarang penandatanganan free agent justru menjadi kemujuran besar bagi klub.

Pasalnya, tak sedikit pemain gratis yang mampu memberi dampak dan kontribusi besar di skuad baru. Contohnya adalah Robert Lewandowski. Striker asal Polandia itu bertransformasi menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di abad ini.

Kepiawaiannya membobol gawang lawan tak pelak menjadi keuntungan bagi Bayern Munchen yang mendatangkannya secara gratis dari Borussia Dortmund pada 2014.

Kondisi serupa juga terjadi pada Lionel Messi musim panas lalu. Peraih Ballon d’Or tujuh kali itu menyegel kepindahan dengan cuma-cuma ke Paris Saint-Germain (PSG), usai Barcelona batal memperpanjang kontraknya akibat batas gaji La Liga.

Menurut Sportskeeda, terdapat setidaknya lima penyerang populer yang berpotensi menjadi free agent di akhir musim ini, lantaran tak kunjung menandatangani kontrak baru bersama klub. Simak penjelasan lengkapnya melalui halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe merupakan salah satu penyerang muda terbaik dunia yang digadang-gadang bakal menjadi megabintang baru di kancah sepak bola. Ia didatangkan dari AS Monaco oleh Paris Saint-Germain pada 2017, melalui kesepakatan senilai 147 juta euro.

Dilansir dari Sportskeeda, peningkatan performa pemain internasional Prancis ini membuat nilai pasarnya kini mencapai 160 juta euro. Kesuksesan mencetak 158 gol dari total 207 penampilan di semua kompetisi bersama Les Parisiens kian mengukuhkan posisi Mbappe sebagai pemain berharga yang dimiliki PSG.

Kontrak Mbappe di Parc des Princes akan berakhir pada Juni 2022. Pihak klub sejatinya telah mencoba meyakinkan Mbappe untuk mengikat kontrak baru bersama PSG. Akan tetapi, pemain berusia 23 tahun itu nampaknya ingin hijrah ke tempat lain. Adapun Real Madrid merupakan klub yang saat ini kerap dikaitkan dengan kepindahan Mbappe.

3 dari 6 halaman

2. Paulo Dybala

Paulo Dybala merupakan salah satu pemain beruntung yang pernah mengecap rasanya berbagi lapangan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kemapuannya menggiring bola dan melancarkan tembakan membuat Dybala kerap dibanding-bandingkan dengan kedua megabintang tersebut.

Dilansir dari Sportskeeda, Dybala memang dikenal sebagai pemain yang memiliki performa apik. Ia secara konsisten mampu memberi kontribusi gol bagi timnya, serta menjadi bagian integral di balik kesuksesan Juventus.

Kontrak Dybala bersama Si Nyonya Tua akan habis pada Juni tahun ini. Juventus nampaknya tetap berharap sang pemain dapat menyetujui kontrak baru, meski pihaknya telah mendatangkan Dusan Vlahovic pada jendela transfer Januari.

4 dari 6 halaman

3. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele merupakan penyerang paling bernilai lain yang berpotensi menyandang status bebas transfer pada musim panas. Eks pemain Rennes itu diketahui hijrah dari Borussia Dortmund menuju Barcelona melalui kesepakatan senilai 140 juta euro pada 2017.

Sayangnya, laporan Sportskeeda menyebut nilai pasar Dembele kian memburuk, hingga dirinya hanya dihargai 30 juta euro. Pesepak bola asal Prancis itu sejatinya sempat digadang-gadang bakal menjadi bintang baru dalam sepak bola.

Namun, cedera yang kerap dialaminya membuat Dembele tak mampu menunjukkan performa maksimal. Adapun Dembele saat ini tercatat telah mengoleksi 32 gol dan 27 assist dari total 134 pertandingan di semua kompetisi bersama sang raksasa Catalan.

Ia masih punya cukup waktu untuk meningkatkan performa dan kariernya. Akan tetapi, hal itu kemungkinan tak bisa dilakukan di Camp Nou lantaran Barcelona kabarnya telah membuat rencana untuk menggantikan pemain berusia 24 tahun tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette tercatat telah menghabiskan lima musim bersama Arsenal, sejak didatangkan dari Lyon dengan mahar 53 juta euro pada 2017. Masa tinggalnya di Emirates bakal segera menemui ujung lantaran kontraknya akan habis pada akhir musim.

Meski tak mencetak cukup banyak gol di liga musim ini, Lacazette sukses memberi kontribusi dalam hal assist. Pemain berusia 30 tahun itu tercatat telah mengoleksi tujuh assist di bawah namanya sepanjang kompetisi musim ini.

Terbaru, ia juga menyumbang gol kedua lewat tendangan penalti yang memastikan kemenangan Arsenal atas Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris, akhir pekan lalu.

6 dari 6 halaman

5. Andrea Belotti

Andrea Belotti merupakan kapten sekaligus pemain utama Torino. Ia telah menjadi favorit penggemar sejak bergabung dengan klub asal Turin pada 2015. Sayangnya, Belotti yang dijadwalkan pergi pada akhir musim belum menunjukkan tanda-tanda perpanjangan kontrak.

Dilansir dari Sportskeeda, Belotti telah mengoleksi 109 gol dari total 243 penampilan bersama klubnya. Kemampuannya mencetak gol secara konsisten telah mengantarkan Torino selamat dari zona degradasi selama dua musim terakhir.

Laporan kini menyebut sang pemain tertarik untuk bergabung dengan tim yang mampu bersaing memperebutkan trofi. AC Milan dinilai bisa menjadi pelabuhan ideal bagi Belotti, mengingat dua pemainnya–Ibrahimovic dan Giroud–mulai memasuki usia veteran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.