Sukses

Kejuaraan Asia Beregu 2022: Indonesia Andalkan Pebulu Tangkis Muda

Indonesia menurunkan para pebulu tangkis muda pada Kejuaraan Asia Beregu 2022 di Malaysia, 15-20 Februari.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia memastikan diri ambil bagian di Kejuaraan Asia Beregu 2022. Ajang ini akan berlangsung di Malaysia, 15 sampai 20 Februari.

Dalam ajang yang biasa juga disebut kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini, Indonesia menurunkan para pebulu tangkis muda. Chico Aura Dwi Wardoyo, 23 tahun, menjadi pemain tertua di tim putra. Sementara Gregoria Mariska Tunjung, 22 tahun, menjadi srikandi paling senior di tim putri.

"Di ajang ini, kami memang memberikan kesempatan kepada pebulu tangkis muda untuk merasakan atmosfer kejuaraan beregu," ujar kata Kepala Bidang dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky dalam rilis PP PBSI yang diterima Liputan6.com, Sabtu (29/1/2021).

"Ini merupakan kebijakan PBSI yang ingin mengorbitkan pemain-pemain muda. Salah satunya dengan menguji mereka di turnamen ini, selain sebagai ajang penilaian dan evaluasi untuk persiapan menuju putaran final Piala Thomas dan Uber nanti," sambungnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dua minggu

Rionny mengatakan, Garuda Muda sudah mempersiapkan diri selama dua minggu. Dia optimistis para pemain mampu berbicara banyak di ajang dua tahunan tersebut.

"Untuk Kejuaraan Beregu Asia ini kami menurunkan pemain-pemain muda yang persiapannya sudah kami lakukan sebelum SK pemanggilan. Jadi skuat ini, baik putra maupun putri, adalah yang terpilih dan terbaik," tutur Rionny.

"Pemain yang dipilih adalah pemain-pemain yang kami nilai siap dan sedang dalam performa bagus. Terutama di tim putra, kemampuan mereka saya yakini sudah mendekati kakak-kakaknya. Mereka hanya kalah pengalaman dan jam terbang saja. Ini menjadi kesempatan mereka untuk lebih berkembang lagi," tambahnya.

 

3 dari 5 halaman

Juara bertahan

Sebagai catatan, tim putra Indonesia datang ke Malaysia dengan status juara bertahan tiga kali, yakni pada 2016 (Hyderbad, India), 2018 (Alor Setar, Malaysia), dan 2020 (Manila, Filipina).

Tim putra juga sudah mengantongi tiket putaran final Piala Thomas dan Uber karena statusnya yang juga juara bertahan.

Berbeda cerita dengan tim putri yang harus bekerja keras untuk dapat lolos ke putaran final. Walau begitu, Rionny yakin anak asuhnya mampu menembus babak final.

"Saya berharap mereka nanti bisa tampil lepas, tanpa beban, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Target kami tim ini bisa masuk final, baik di tim putra maupun tim putri," harap Rionny.

Berikut skuat Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022:

4 dari 5 halaman

Tim Putra

1. Chico Aura Dwi Wardoyo

2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay

3. Christian Adinata

4. Yonathan Ramlie

5. Leo Rolly Carnando

6. Daniel Marthin

7. Pramudya Kusumawardana

8. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

9. Bagas Maulana

10. Muhammad Shohibul Fikri

5 dari 5 halaman

Tim Putri

1. Gregoria Mariska Tunjung

2. Putri Kusuma Wardani

3. Saifi Rizka Nurhidayah

4. Bilqis Prasista

5. Stephanie Widjaja

6. Nita Violina Marwah

7. Febriana Dwipuji Kusuma

8. Amallia Cahaya Pratiwi

9. Lanny Tria Mayasari

10. Jesita Putri Miantoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.