Sukses

Hadapi Australia di Piala Asia Wanita 2022, Kapten Timnas Indonesia Mengaku Termotivasi

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Putri Indonesia bakal menghadapi Australia dalam Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung di Mumbai Football Arena, pada Jumat (21/1/2022) sore WIB.

Jelang laga tersebut, Kapten Timnas Putri Indonesia, Ade Mustikiana Oktafiani mengaku ia dan rekan-rekannya amat termotivasi. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Ade cs tampil di turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia.

“(Kami) sangat bangga, kami sangat termotivasi karena ini kali pertama berpartisipasi di Piala Asia setelah beberapa tahun. Semoga saya dan tim bisa menampilkan yang terbaik di pertandingan nanti,” ujar Ade dalam konferensi pers pra pertandingan, Rabu (19/1/2022).

Piala Asia Wanita 2022 dihelat di India mulai 20 Januari–6 Februari 2022. Indonesia baru mencatatkan lima penampilan di turnamen ini, terakhir kali pada 1989. Adapun, prestasi terbaik yang pernah diraih adalah masuk ke empat besar pada 1977 dan 1986.

Dilansir dari Liputan6.com, Garuda Pertiwi mengikuti turnamen ini tanpa merasakan ketatnya persaingan kompetisi, lantaran liga di Indonesia yang terhenti sejak 2020 akibat pandemi.

2 dari 3 halaman

Tak Mudah

Pertandingan kontra Australia akan menjadi laga yang tak mudah bagi Timnas Putri Indonesia. Pasalnya, The Matildas merupakan salah satu tim terkuat di Piala Asia Wanita 2022. Mengutip situs resmi FIFA, Timnas Putri Australia saat ini bertengger di peringkat 11.

Ade Mustikiana dan kolega juga harus menghadapi Sam Kerr yang kini berkarier di Chelsea. Pemain berusia 28 tahun itu baru saja menyabet posisi kedua Pemain Terbaik FIFA 2021 beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Pasukan Garuda Pertiwi nampaknya tak gentar menghadapi lawan tangguh. Sang kapten bahkan menilai kesempatan bersua dengan Sam Kerr bakal menjadi pengalaman berharga bagi ia dan rekan-rekannya.

“Ini (kesempatan bertemu Sam Kerr) menjadi motivasi (bagi) kita karena ini akan jadi pengalaman yang sangat berharga,” ujarnya pada Rabu (19/1/2022) lalu.

3 dari 3 halaman

Komentar Pelatih

Di sisi lain, Pelatih Timnas Putri Indonesia Rudy Eka Priyambada mengeklaim skuadnya telah mengetahui cara bermain kubu Australia. Hal itu diharapkan dapat menjadi modal untuk membuat kejutan di Piala Asia Wanita 2022.

"Kami sudah mempelajari cara bermain mereka. Kami akan menjalankan taktik bermain seperti biasa. Mereka memiliki banyak pemain hebat, tetapi kami siap bertanding," kata Rudy pada konferensi pers jelang pertandingan.

Selaras dengan pendapat Ade, Rudy juga menyebut anak asuhnya sangat bersemangat menghadapi laga kontra Australia. Menurutnya, perjumpaan ini bakal menjadi menjadi wadah mendulang pengalaman, mengingat Australia punya sejumlah pemain berkualitas yang eksis di klub-klub besar Eropa.