Sukses

Tersingkir dari Liga Champions, Xavi Bakal Jual 3 Pemain Utama Barcelona di Bursa Transfer

Manajer Barcelona Xavi Hernandez siap melepas tiga pemain utama di jendela transfer, menyusul hasil memalukan yang dituai klub dalam Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona tengah berencana melakukan perombakan skuad besar-besaran dengan menempatkan tiga pemain tim utama di jendela transfer Januari, menyusul hasil memalukan di Liga Champions.

Melansir SportBible, Barcelona tersingkir dari Liga Champions usai kalah 0-3 dari raksasa Jerman Bayern Munchen, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB. Ini merupakan pertama kalinya sang raksasa Catalan gagal mencapai fase knockout dalam 17 tahun.

Barcelona juga tercatat masih kesulitan di dalam negeri. Klub asuhan Xavi Hernandez ini terlempar ke posisi ketujuh klasemen sementara La Liga, dengan tertinggal 16 angka dari pemuncak Real Madrid.

Akibat hal ini, wartawan Spanyol Gerard Romero mengeklaim Xavi telah kehilangan kesabaran pada skuadnya dan siap melepas Frenkie de Jong, Marc-Andre ter Stegen, dan Sergino Dest dari Camp Nou.

Adapun, Ter Stegen akhir-akhir ini tengah menghadapi kritik akibat penampilannya, sementara De Jong dinilai gagal memenuhi label harga 65 juta poundsterling yang melekat padanya sejak bergabung dari Ajax pada 2019. Di sisi lain, Dest disebut tak bahagia di Barcelona dan ingin pindah ke Bayern Munchen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Era Baru Barca

Xavi tak berupaya menyembunyikan kekecewaannya pada skuad Blaugrana. Ia pun sempat menyinggung soal rencana menciptakan era baru bagi Barca pasca kekalahan dari Bayern pada pertengahan pekan ini.

“Bayern mendominasi kami. Kami selalu ingin mendominasi, tetapi hal sebaliknya (terjadi) di sini. Kami harus menuntut lebih. Kami Barca,” ujar manajer berusia 41 tahun ini, seperti dikutip dari SportBible.

“Ini harus menjadi titik tolak untuk mengubah dinamika dan berbagai hal lain (dalam klub). Era baru dimulai hari ini. Kami memulai dari nol. Tujuan kami adalah Liga Champions, bukan Liga Europa, tetapi itulah kenyataan kami sekarang. Kami harus mencoba dan memenangkannya.”

3 dari 3 halaman

Tugas Berat

Lebih lanjut, Xavi menyadari dirinya kini tengah memikul tugas berat. Ia harus berupaya mengembalikan Barcelona kembali ke level sebelumnya. Ia pun tak menampik bahwa Bayern memang tampil lebih baik dari anak asuhnya pada pertandingan lalu.

“Saya telah menyadari betapa sulitnya kenyataan. Saya berharap kami akan bersaing lebih baik. Bayern (memang) lebih apik. Itulah kenyataannya. Kami akan bekerja keras dan memberikan segalanya agar ini tidak terjadi lagi,” kata Xavi.

“Kami harus mulai membawa Barca kembali ke tempat asalnya, yang bukan di Liga Europa. Ini juga merupakan pukulan telak bagi saya sebagai pelatih. Kami akan bekerja keras untuk membawa Barca kembali, tetapi tentu saja kami harus banyak berubah,” sambungnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.