Sukses

Indonesia Gebuk Malaysia di Perempat Final Piala Thomas, Herry IP: Ini Soal Harga Diri Bangsa

Kemenangan meyakinkan 3-0 Indonesia atas Malaysia di perempat final Piala Thomas 2020 diraih berkat penampilan penuh semangat pemain di lapangan.

Liputan6.com, Aarhus - Indonesia merebut tiket semifinal perebutan Piala Thomas 2020. Kemenangan 3-0 pasukan Merah Putih atas Malaysia diraih berkat penampilan penuh semangat para pemain saat beraksi di tengah lapangan.

Duel melawan Malaysia di perempat final kejuaraan bulu tangkis beregu putra dunia ini memang krusial. Tidak hanya karena menentukan langkah Indonesia selanjutnya di Piala Thomas, tetapi juga ini membawa rivalitas sesama bangsa serumpun.

Saking panasnya persaingan, sebelum pertandingan yang dimainkan di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat (15/10/2021), kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi mengingatkan tentang spirit bertanding.

Coach Naga Api, sapaan karib Herry, mewanti-wanti para pemain badminton Indonesia untuk mengusung semangat tempur ekstra. Dia menggambarkan duel ini sebagai sebuah pertarungan harga diri bangsa.

Diibaratkan Indonesia boleh kalah dengan negara lain, tetapi tidak dengan Malaysia. Apalagi pada perebutan Piala Sudirman di Vantaa, Finlandia, pekan sebelumnya, Indonesia dipermalukan tim Negeri Jiran 2-3 di perempatfinal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Herry IP

"Pertandingan melawan Malaysia itu menyangkut harga diri bangsa. Ini soal kebanggaan kita sebagai orang Indonesia. Saya minta pemain harus tampil dengan fighting spirit tinggi," kata Herry IP seperti dalam rilis PP PBSI, Sabtu, 16 Oktober.

Dia meminta pemain tampil habis-habisan. Berupaya sekuat tenaga dan tunjukkan semangat tempur tinggi. Pemain juga tidak boleh berjiwa lembek, harus garang di lapangan. Satu angka wajib diperjuangkan mati-matian.

"Pemain wajib mati-matian. Harus tampil habis-habisan bertarung di lapangan. Tunjukkan kita bangsa petarung. Kalau perlu kaki jadi kepala dan kepala jadi kaki," tegas Herry.

Bakaran semangat Herry itu pula yang akhirnya melecut para pemain, termasuk Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di laga melawan Aaron Chia / Soh Wooi Yik. Minions pun tampil kesetanan.

Tak hanya menang dan menyumbang angka. Tetapi, juga membayar lunas kekalahan dari pasangan Malaysia itu pada Piala Sudirman 2021. 

3 dari 3 halaman

Lawan Denmark

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Denmark. Laga ini akan digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu, 16 Oktober, mulai pukul 18:00 WIB.

Melawan Denmark, Indonesia kembali menurunkan susunan pemain yang sama saat mengalahkan Malaysia. Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito menjadi andalan.

Sedangkan di ganda putra, skuat Merah Putih mengandalkan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideoin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.