Sukses

Olimpiade Tokyo 2020 : Anthony Ginting Bermodalkan Semangat Asian Games 2018

Selain Anthony Ginting, Indonesia juga diwakili Jonatan Christie untuk cabang bulu tangkis nomor tunggal putra di Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta- Anthony Sinisuka Ginting atau Anthony Ginting menghadapi jalan berliku dalam rangka persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020. Setelah tidak ada turnamen yang diikuti sejak Januari 2021, tunggal putra Indonesia itu kalah dari Shesar Hiren Rhustavito dalam laga simulasi beberapa waktu lalu.

Hasil itu membuat Anthony Ginting dan tim pelatih langsung melakukan evaluasi jelang Olimpiade Tokyo 2020. "Setelah simulasi persiapan berjalan sudah bagus, masih ada waktu sekitar tiga minggu untuk meningkatkan lagi dari segi fisik dan segalanya, masih bisa digeber lagi apa yang masih kurang," katanya di Jakarta, Kamis (1/7/2021), dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com.

"Hasil evaluasinya saya sekarang lebih ke peningkatan fisik dan fokus di lapangan. Itu yang harus dijaga karena nanti di pertandingan tidak gampang lawan-lawannya."

"Jadi dari awal latihan sampai selesai benar-benar all out. Dalam arti setiap pukulan, setiap program yang diberikan coba dijalankan dengan baik," ucap pebulu tangkis peringkat lima dunia itu.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak mau berlebihan

Tampil pertama kali di Olimpiade membuat Anthony Ginting merasa excited. Tapi, ia tidak mau terlalu berlebihan yang bisa menjadi bumerang bagi penampilannya nanti.

"Pasti excited karena siapa yang tidak mau main Olimpiade? Tapi, tetap saya manage pikiran juga, jangan terlalu berlebihan, tapi jangan terlalu turun juga karena belajar dari pengalaman sebelum-sebelumnya," tuturnya.

"Kadang kalau terlalu excited banget, semangat menggebu-gebu malah tidak bisa kontrol di lapangannya."

"Sekarang saya mencoba enjoy dan menikmati suasana prosesnya dari mulai persiapan, latihan sampai di sana nanti," ujar Ginting.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan

Pemain kelahiran Cimahi itu menyebut dukungan dari lingkungan terdekat adalah yang paling penting saat ini. Teman-teman di tunggal putra dan juga PBSI sangat berarti baginya, terutama saat membantu program latihan, begitu juga dengan keluarga yang terus memberikan motivasi.

Selain itu, Ginting berusaha menghidupkan kembali memori-memori turnamen terdahulu, di mana ia berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik. Semangat inilah yang akan dia bawa menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya mencoba mengingat kembali momen-momen di mana saya bisa bermain bagus dengan fighting spirit yang tinggi. Misalnya seperti di minggu-minggu Asian Games 2018 atau di China Terbuka 2018. Diingat-ingat lagi bagaimana bisa sampai di titik itu. Semangatnya mau saya bawa ke Olimpiade nanti," kata Ginting.

4 dari 4 halaman

2 tunggal putra

Indonesia meloloskan dua wakil tunggal putra ke Olimpiade Tokyo 2020 yang bergulir pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Di samping Anthony Ginting, ada juga Jonatan Christie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.