Sukses

Kecelakaan di Kecepatan 180 Km per Jam, Marc Marquez: Terima Kasih Air Fence!

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengaku beruntung sudah diselamatkan air fence saat mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol 2021, Sabtu (1/5/2021).

Marquez tergelincir di Tikungan 7 Sirkuit Jerez Angel Nieto setelah kehilangan daya cengkeram ban depan ketika melaju dalam kecepatan 180 kilometer per jam.

Juara dunia delapan kali tersebut terguling ke gravel trap dan melayang ke pagar pembatas dengan peredam udara. Peristiwa ini memicu kekhawatiran besar mengingat Marquez terhempas di sikuit sama pada seri pembuka musim lalu.

Ketika itu Marquez menderita cedera humerus dan memaksanya absen sepanjang kampanye dan kehilangan kans mempertahankan mahkota juara dunia MotoGP.

"Kecelakaan yang sangat cepat dan keras di Tikungan 7. Saya sudah menduga bakal segera merasakan kecelakaan pertama musim ini. Tetapi saya mungkin memilih salah satu tikungan terburuk untuk merasakannya," kata Marquez seperti dikutip laman resmi tim.

"Ketika berusaha mendapatkan lap yang cepat, Anda tidak memikirkan risiko dan setelah tampil konservatif sehari sebelumnya, saya coba agresif. Benturan terjadi dalam kecepatan yang sangat tinggi dan berkat air fence saya masih di sini," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Pengaruhi Kualifikasi

Pembalap bernomor 93 itu bisa berdiri dan kembali ke garasi. Dia kemudian melapor ke tim medis dan dinyatakan fit melanjutkan kompetisi.

"Kecelakaan ini mempengaruhi kualifikasi. Saya jadi memilih ban depan soft untuk lebih aman. Namun itu adalah pilihan yang salah karena limit selama kualifikasi ada di depan. Sangat disayangkan karena saya merasa kuat dan makin menyattu dengan motor," kata Marquez.

3 dari 4 halaman

Posisi 14

Marquez memulai kualifikasi dari sesi pertama dan gagal melanjut ke fase berikutnya untuk memperebutkan posisi terdepan. Dia akan memulai balapan dari peringkat 14.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini