Sukses

Bola Ganjil: Kekuatan Gaib Menarik Real Zaragoza ke Utara

Liputan6.com, Jakarta - Ada kekuatan gaib yang menarik Real Zaragoza ke Utara pada 1960-an. Takdir kerap mempertemukan mereka dengan klub Inggris Raya dan Irlandia.

Terbukti, dalam tujuh kampanye kompetisi Eropa di periode tersebut, Real Zaragoza harus mengunjungi Skotlandia lima kali, Inggris pada empat kesempatan, serta Wales, Republik Irlandia, dan Irlandia Utara masing-masing sekali.

Los Manos bahkan dipasangkan melawan tim dari kawasan tersebut tujuh kali secara beruntun pada November 1964 hingga Mei 1966.

Rekor mereka pun impresif. Kerap diremehkan karena tidak sebesar Real Madrid atau Barcelona, Real Zaragoza hanya kalah tiga kali dalam total 15 pertemuan melawan tim Inggris dan Irlandia.

Ini adalah kisah petualangan unik Los Manos enam dekade lalu:

2 dari 4 halaman

Hubungan Khusus

Duel pertama Real Zaragoza dengan klub Inggris dan Irlandia terjadi pada Piala Fairs 1962/1963. Mereka dipasangkan dengan Glentoran asal Irlandia Utara di babak pertama dan tanpa kesulitan menang agregat 8-2.

Langsung disisihkan AS Roma pada fase berikutnya, Real Zaragoza baru kembali bersua tim Inggris dan Irlandia Utara saat mengikuti Piala Winners 1964/1965. Berturut-turut mereka meladeni Dundee United (Skotlandia) dan Cardiff City (Wales) sebelum disisihkan West Ham United (Inggris) di semifinal.

Rivalitas kemudian berlanjut di Piala Fairs 1965/1966. Dapat bye di putaran pertama, Real Zaragoza sukses menyisihkan Shamrock Rovers (Republik Irlandia), Hearts (Skotlandia), Dunfermline (Skotlandia), dan Leeds United (Inggris) dalam perjalanan mencapai final.

Setelah itu Real Zaragoza menghadapi Everton (Inggris, babak kedua) dan Glasgow Rangers (Skotlandia, perempat final) di Piala Winners 1966/1967. Menutup dekade unik ini mereka bersua Aberdeen (Skotlandia, babak kedua) dan Newcastle United (Inggris, babak ketiga) di Piala Fairs 1968/1969.

3 dari 4 halaman

Kekuatan Meluntur

Kekuatan Real Zaragoza menurun mulai 1970-an. Mereka pun gagal bicara banyak pada persaingan memperebutkan tiket kompetisi Eropa.

Meski beberapa kali lolos ke ajang internasional, Real Zaragoza juga tidak lagi dipasangkan dengan tim Inggris atau Irlandia.

Los Manos bahkan cuma bertemu lawan dari kawasan tersebut tiga kali sejak 1960-an. Duel teranyar paling banyak dikenang, terjadi pada final Piala Winners 1995. Real Zaragoza merebut gelar usai mengalahkan Arsenal lewat gol jarak jauh Nayim.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini