Sukses

Piala Menpora 2021: Persib Waspadai Daya Ledak Pemain Lokal Persebaya

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan kalau Persebaya Surabaya bukan lawan sembarangan.

Liputan6.com, Bandung - Persebaya Surabaya bukan lawan sembarangan bagi pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. Meski dihuni pemain lokal, Kkub berjuluk Bajul Ijo itu tidak mudah ditaklukkan.

Persib ditantang Persebaya dalam laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). Duel ini menarik perhatian karena mempertemukan dua tim dengan tradisi kuat sejak berkiprah di era Perserikatan. 

Selain itu, laga Persib vs Persebaya mendapat perhatian dari sisi materi pemain. Secara materi pemain, Maung Bandung jauh lebih unggul. Sementara Persebaya berisikan pemain muda minim pengalaman. Bahkan tim asuhan Aji Santoso mengandalkan pemain lokal di turnamen ini.

Robert pun menaruh atensi terhadap kiprah pemain lokal Persebaya. Menurutnya, Bajul Ijo bukan lawan yang mudah dikalahkan meski bermateri pemain lokal.

"Saya menghormati Persebaya, mereka menunjukan karakter, bermain dengan pemain lokal dan tentunya mereka mempunyai banyak pemain tim nasional yang dipanggil baik itu tim U-23 atau U-19. Mereka cukup bugar dan bisa dilihat mereka banyak berlari, datang dengan grup kecil untuk melakukan pressing," kata Robert, Kamis (8/4/2021).

"Kami tahu bahwa Persebaya mempunyai pemain bertalenta dan selalu bekerja keras untuk itu. Jadi saya rasa mereka tim yang bagus," ujar Robert menambahkan.

Selain tradisi kuat di masa perserikatan, hubungan yang harmonis antara Persib dan Persebaya terjalin hingga ke tingkat suporter. 

"Tentu saja setiap klub harus mempunyai hubungan yang baik, bukan hanya Persebaya dan Persib. Di sepak bola itu harus menghormati satu sama lain, menghargai juga," kata Robert.

Menurut Robert, rasa saling menghormati sudah sewajarnya ditunjukkan semua tim di liga. Bahwa tidak ada lawan maka tidak ada pertandingan dan begitu juga tidak ada wasit maka tidak akan ada pertandingan.

"Jadi itu kenapa semua harus saling menghormati dan kami juga harus menunjukkan itu. Kami respek terhadap 18 tim dengan sama, tidak ada kebencian tapi menghormati, sama juga dengan wasit," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa 20 Pemain

Kembali bermain di Sleman, Robert mengaku akan membawa 20 pemain. Jumlah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tim yang tampil di perempat final Piala Menpora.

"Ketika kami besok melakukan perjalanan ke Sleman, kami hanya mempunyai kuota tertentu untuk melakukan perjalanan. Kami hanya mempunyai beberapa kamar, ditambah kami harus membawa ofisial, jadi semuanya terbatas," katanya.

Meski hanya membawa 20 pemain, Robert masih belum memutuskan nama-nama yang akan diboyong. Jajaran pelatih masih mendiskusikan siapa saja yang dibawa ke Sleman.

"Jadi mungkin besok atau nanti kami harus segera membuat keputusan siapa yang akan pergi. 20 pemain saja dan sepuluh ofisial," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.