Sukses

Persib Bandung Perkenalkan Ezra Walian di Hari Ulang Tahun

Liputan6.com, Bandung - Ezra Walian resmi memperkuat Persib Bandung setelah diumumkan melalui unggahan di akun media sosial klub, Minggu (14/3/2021). Pengumuman tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) klub berjuluk Maung Bandung itu ke-88.

"Wilujeng Tepang Taun ke-88 Persib. Sampai Jumpa di Bandung," kata Ezra Walian dalam video yang diunggah di akun Instagram @persib.

Ucapan selamat itu juga jadi kepastian bahwa Persib adalah klub baru Ezra. Sebelumnya, mantan pemain PSM Makassar itu pamit pada pada pekan lalu.

Selain unggahan resmi klub, agensi pemain yang dikelola mantan pemain Persib Sergio van Dijk, Tevreden Group, juga menyatakan Ezra resmi berkostum biru. "Tevreden Group dengan senang hati mengumumkan bahwa kami telah berhasil menutup kesepakatan Ezra Walian dengan klub Indonesia Liga 1, Persib Bandung," kata Van Dijk di akun Instagramnya @serginhovandijk.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Ezra dan semoga senang telah bergabung di klub terbesar di Indonesia! Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat atas kerjasamanya."

 

2 dari 4 halaman

Profil Ezra Walian

Ezra Walian lahir di Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997. Ezra lahir dari pasangan Glenn Walian, orang Indonesia yang berasal dari Manado, dengan seorang ibu yang berasal dari Belanda, Linda Bosch.

Ezra mengawali kariernya dengan membela berbagai tim junior di Belanda. Pemain berpostur 182 itu tercatat sempat membela Haarlem (2007), AZ Alkmaar (2008), hingga Ajax (2012).

Ezra juga sempat membela Ajax U-19 dan berhasil mempersembahkan dua gelar Eredivisie U-19 yakni pada 2014-2015 dan 2015-2016. 

Ezra kemudian sempat membela Jong Ajang pada 2016 dan sempat tampil sebanyak 22 kali dengan torehan tiga gol. Pencapaian terbaik Ezra bersama Jong Ajax adalah peringkat kedua Eerste Divisie 2016–2017.

Setelah itu, Ezra Walian bergabung dengan Almere City. Namun, pada 2018, Ezra sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk. Secara keseluruhan, Ezra tampil sebanyak 15 kali dan mencetak empat gol untuk Almere City serta 14 kali bermain dan mencetak 1 gol untuk RKC Waalwijk.

 

3 dari 4 halaman

Jadi WNI

Ezra Walian mengucap sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 18 Mei 2017. Pemilik nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian kemudian mengawali debutnya di Timnas Indonesia dalam laga persahabatan melawan Myanmar (21/5/2017).

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini