Sukses

Klub NBA Gunakan Anjing untuk Deteksi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Klub NBA Miami Heat berencana memperbolehkan penonton untuk menyaksikan langsung laga kandang mereka mulai akhir bulan ini. Heat bakal menggunakan anjing untuk mendeteksi Covid-19.

Sejak NBA 2020-2021 dimulai fans Heat belum bisa menonton langsung di AmericanAirlines Arena. Heat baru akan membuka kandang mereka untuk penonton pada 28 Januari 2021.

Fans yang ingin menyaksikan langsung aksi Bam Adebayo dan kawan-kawan bakal menjalani pemeriksaan ketat. Fans yang hadir wajib memakai masker, menjaga jarak dan harus sering-sering mencuci tangan.

Jumlah penonton yang bisa hadir langsung di kandang Heat juga dibatasi. Hanya 1.500 orang per pertandingan. Itupun diprioritaskan untuk para pemegang tiket semusim penuh.

Dan yang paling menghebohkan, Heat akan memberdayakan anjing untuk mendeteksi Covid-19 pada para para calon penonton di AmericanAirlines Arena.

Heat baru-baru ini merilis pedoman untuk penggemar yang berencana menonton langsung pertandingan. Dalam video tersebut terlihat sekelompok anjing yang sudah dilatih khusus mengendus penggemar untuk melihat apakah mereka memiliki Covid-19 saat mereka memasuki arena.

 

 

2 dari 4 halaman

Anjing

Prosedur pengendusan Covid-19 oleh anjing ini cukup unik. Nantinya fans yang akan menonton diharuskan berdiri di garis yang telah ditetapkan. Kemudian petugas akan membimbing anjing untuk mengendus calon penonton.

Jika terdeteksi calon penonton tersebut terjangkit Covid-19, anjing akan duduk di depan penonton tersebut. Orang tersebut dan seluruh kelompoknya akan ditolak masuk ke arena.

Fans Heat yang sudah menerima vaksin Covid-19 juga harus tetap menjalani pemeriksaan oleh anjing sebelum masuk ke stadion.

3 dari 4 halaman

Alternatif Lain

Pemeriksaan dengan anjing ini tidak 100 persen wajib. Fans yang tidak suka atau memiliki alergi dengan ajing bisa melakukan tes dengan metode lain dengan gratis. Namun bakal memakan waktu lebih lama 45 menit.

Pendeteksian Covid-19 dengan menggunakan anjing merupakan cara teranyar. Namun hasil studi menunjukkan bahwa anjing cukup efektif untuk mendeteksi Covid-19.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini